Erick Thohir Dorong Bandara Soetta Jadi Etalase Kebudayaan dan Kesenian Indonesia

Heri Purnomo ยท Minggu, 26 Juni 2022 - 21:45:00 WIB
Erick Thohir Dorong Bandara Soetta Jadi Etalase Kebudayaan dan Kesenian Indonesia
Menteri BUMN, Erick Thohir, saat menghadiri parade budaya di Bandara Soetta. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN, Erick Thohir, mendorong Bandara Soekarno-Hatta menjadi etalase kebudayaan dan kesenian Indonesia. Hal itu, untuk mendukung daya tarik bagi wisatawan

“Terus kita dorong airport kita menjadi etalase kebudayaan, kesenian dan musik indonesia. Kita punya kebudayaan yang luar biasa, musik yang luar biasa. Kita sebagai bangsa punya kultur, punya karakter. Ini yang kita jaga,” ujar Erick Thohir, dalam keterangan tertulis, Minggu (26/6/2022). 

Menurut dia, parade budaya “Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara” yang digelar di Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu upaya mendukung tumbuhnya perekonomian dan pariwisata nasional. 

“Konteksnya, ekonomi kita mulai kembali. Penting sekali bagaimana memastikan bahwa kegairahan, kehidupan itu tumbuh setelah Covid-19,” kata Erick Thohir. 

Pada parede tersebut mempertunjukkan beragam kesenian tradisional dan memukau para penumpang pesawat termasuk wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. 

Kesenian tradisional yang ditampilkan adalah Tari Sigeh Pengunten dari Lampung, Tari Kancet Papatai dari Kalimantan Timur, Tari Topeng dan alat musik Angklung dari Jawa Barat, Tari Kipas Pakarena dari Sulawesi Selatan dan Tari Cakalele dari Maluku. 

Di sisi lain, Menteri BUMN juga mengapresiasi penyelenggaraan parade budaya “Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara” di Bandara Soekarno-Hatta. 

“Masyarakat Indonesia, wisatawan, para komunitas pekerja di airport bersuka cita dalam acara festival budaya hari ini. Kita bisa saksikan tadi ketika ada tarian, turis asing, turis lokal, semua yang ada di airport tersenyum, senang. Itu kehangatan yang harus kita jaga,” jelas Menteri BUMN. 

Adapun pada gelaran kali ini, parade budaya menyapa penumpang pesawat  yang tengah menunggu keberangkatan penerbangan di area boarding lounge, serta menyambut kedatangan penumpang pesawat termasuk wisman dan wisnus yang baru mendarat di hall kedatangan (arrivall hall).

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda