Erick Thohir Harap Pos Indonesia Jadi Central Distribution Hub di Indonesia

Arif Budianto ยท Minggu, 12 September 2021 - 09:00:00 WIB
Erick Thohir Harap Pos Indonesia Jadi Central Distribution Hub di Indonesia
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi Kantor Pos Bogor, Kota Bogor, Sabtu (11/9/2021). Foto: Arif Budianto

BOGOR, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, PT Pos Indonesia memiliki infrastruktur dan aset berharga yang harus dimanfaatkan, terutama saat pandemi Covid-19. Karena itu, dia berharap Pos Indonesia menjadi central distribution hub di Indonesia, dengan memaksimalkan teknologi digital. 

"Transformasi digital saat pandemi ini adalah sebuah keharusan. Pos Indonesia ini memiliki infrastruktur yang sangat memadai dan aset berharga di seluruh Indonesia. Ini harus dimanfaatkan. Saya berharap Pos Indonesia bisa menjadi central distribution hub di Indonesia," kata dia dalam keterangannya, saat kunjungan ke Kantor Pos Bogor, Kota Bogor, Sabtu (11/9/2021).

Pada kesempatan itu, Erick berkesempatan mencoba secara langsung aplikasi digital courier PosAja!, PosPay, dan lainnya. Erick juga melakukan video teleconference dengan salah seorang tenaga kerja migran Indonesia (TMI) di Taiwan. 

Pada uji coba aplikasi PosAja!, Erick mencoba melakukan pengiriman paket vitamin untuk dikirimkan ke salah satu puskesmas. Setelah memesan via handphone, salah seorang O-Ranger langsung merespons dan melakukan pick-up

Sementara Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Siti Choiriana mengatakan, Pos Indonesia terus memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan yang menggunakan aplikasi PosAja!. Setelah pekan lalu menggelar program gratis ongkir untuk layanan city courier pada Minggu (12/9/2021) dan Senin (13/9/2021), Pos Aja akan kembali menggelar program diskon. 

Program diskon ongkir 50 persen diberikan bagi pelanggan yang menggunakan layanan Pos Instan Plus untuk kiriman dalam kota, di mana setelah dipesan barang di-pickup dan langsung diantar dalam waktu 3 jam. Sementara untuk layanan Pos Expres, pelanggan bisa mendapatkan diskon hingga 12 persen. 

"PosAja! adalah aplikasi jasa kiriman yang di-development oleh Pos Indonesia untuk menjawab tantangan layanan kiriman digital yang menuntut serba cepat, murah, mudah, dan simpel," ujarnya.

Aplikasi ini bisa di-download melalui Play Store dan App Store. Di aplikasi PosAja!, pengguna bisa dengan leluasa memilih layanan courier sesuai kebutuhan. Layanan kiriman premium dan same day untuk city courier. Sedangkan layanan reguler dan next day untuk jasa kiriman antar daerah atau internasional. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi menyampaikan laporan secara umum terkait beragam layanan digital yang telah dikembangkan oleh Pos Indonesia seperti PosAja!, Pospay dan berbagai layanan lainnya. Faizal menjelaskan, sejumlah layanan digital tersebut merupakan bentuk komitmen PT Pos Indonesia untuk menghadirkan layanan prima kepada masyarakat.

Dia menambahkan, kehadiran Pospay juga mendukung para nasabah untuk mampu mendirikan unit bisnis kantor pos mandiri berupa Pospay Agen. Layanan Pospay bahkan menjangkau kebutuhan para Pekerja Migran Indonesia untuk melakukan proses transaksi keuangan dari luar negeri untuk kebutuhan transaksi yang ada di dalam negeri. 

"Banyak layanan keuangan digital yang dapat dinikmati oleh pengguna Pospay, mulai dari layanan transaksi pembayaran berbagai macam tagihan," ucapnya. 

Misalnya transaksi Q-RIS, transfer dana rekening giro pos ke berbagai rekening bank hingga Rp50 juta per hari, kirim weselpos kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank, saldo tidak terbatas, layanan syariah termasuk zakat, infaq, sedekah, wakaf dan qurban, tidak adanya biaya administrasi bulanan maupun bunga atas simpanan, hingga pembayaran pajak sebagai bentuk dukungan bagi pembangunan Indonesia.  

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: