Erick Thohir Ingin Beli Tambang Garam di Luar Negeri, Begini Penjelasan RNI

Suparjo Ramalan · Jumat, 30 April 2021 - 12:52:00 WIB
Erick Thohir Ingin Beli Tambang Garam di Luar Negeri, Begini Penjelasan RNI
Menteri BUMN, Erick Thohir ingin perusahaan negara membeli tambang garam di luar negeri. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN, Erick Thohir ingin perusahaan negara membeli tambang garam di luar negeri. Akuisisi ini diperlukan untuk menekan impor garam dari luar negeri.

Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI Arief Prasetyo Adi menjelaskan, akuisisi tambang garam di luar negeri untuk produksi garam berkualitas NaCL di atas 96 persen. Garam berkualitas tinggi ini biasanya khusus untuk industri.

"Pak Menteri membuka opportunity apabila harus men-take over tambang garam di luar, untuk transfer teknologi juga, untuk menyiapkan garam yang berkualitas NaCL di atas 96 persen untuk industri yang membutuhkan garam," ujarnya, Jumat (30/4/2021). 

Oleh karena itu, kata Arief, garam tersebut nantinya bukan untuk garam konsumsi yang biasa digunakan masyarakat. Pasalnya, standar kualitas garam konsumsi dan industri berbeda.

"Jadi bukan garam konsumsi, tapi garam industri. Kalau garam konsumsi kami rasa sudah cukup jadi teman-teman dari PT Garam produksinya sudah cukup baik," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2