Erick Thohir Ingin BSI Sejajar dengan Bank Syariah Raksasa Saudi Al-Rajhi

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 02 Februari 2021 - 14:53:00 WIB
Erick Thohir Ingin BSI Sejajar dengan Bank Syariah Raksasa Saudi Al-Rajhi
PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk (BSI) resmi beroperasi mulai 1 Februari dan menjadi bank syariah terbesar di Tanah Air. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk (BSI) resmi beroperasi mulai 1 Februari dan menjadi bank syariah terbesar di Tanah Air. Tak hanya jago kandang, BSI diarahkan bersaing dengan bank-bank syariah di negara lain.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, BSI harus mampu masuk dalam daftar 10 bank syariah terbesar di dunia.

"Posisi BSI akan disejajarkan dengan bank syariah dunia, seperti Bank Al-Rajhi dan Bank Albilad," kata Erick, Selasa (2/2/2021).

Bank Al-Rajhi dan Bank Albilad merupakan dua bank yang berpusat di Riyadh, Arab Saudi dengan nilai aset masing-masing 111,3 miliar dolar AS dan 23,6 miliar dolar AS pada 2019. Sementara aset BSI pasca merger sekitar 15 miliar dolar AS.

Erick yakin Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar dunia bisa mendongkrak kinerja BSI, sehingga merger tiga bank syariah BUMN tersebut tak sia-sia.

“Kita ingin hasil merger ini bisa membuktikan negara dengan jumlah populasi muslim terbesar ini memiliki kondisi bank yang kuat secara fundamental," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2