Erick Thohir ke AS Jajaki Kerja Sama 3 Bidang demi Bangkitkan Perekonomian

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 11 Mei 2021 - 14:03:00 WIB
Erick Thohir ke AS Jajaki Kerja Sama 3 Bidang demi Bangkitkan Perekonomian
Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka kerja sama di berbagai bidang, seperti energi, kesehatan, dan investasi

Erick menyaksikan penandatanganan sejumlah perusahaan pelat merah dengan perusahaan di AS. Di bidang energi, dilakukan penandatanganan kesepakatan antara PT Pertamina, PT Bukit Asam, dan Air Products & Chemical Inc. (Air Products) dalam proyek strategis nasional gasifikasi batu bara. 

Di samping itu, kerja sama antara Pertamina dengan ExxonMobil di bidang Carbon Capture and Storage (CCS) dan Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS). Kerja sama Pertamina dan ExxonMobil bertujuan untuk menekan emisi karbon dan sebagai bagian dari upaya Enhance Oil and Gas Recovery di sejumlah sumur Pertamina untuk meningkatkan produksi minyak dan gas (migas) nasional.

“Tentunya kami dari Kementerian BUMN sebagai bagian dari program BUMN Go Global, terus menjalin dan mempererat hubungan dagang antara Indonesia dan Amerika Serikat, melalui kerja sama strategis dengan BUMN-BUMN Indonesia. perjalanan kerja kali ini difokuskan pada tiga bidang, yaitu energi, investasi, dan kesehatan,” ujar Erick, Selasa (11/5/2021). 

Kerja sama dengan Air Products dan ExxonMobil itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor, dan transformasi ke green economy serta energi baru dan terbarukan.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2