Erick Thohir Percepat Kunker di Belanda gegara Harga BBM, Segera Rapat dengan 2 BUMN

Viola Triamanda · Minggu, 04 September 2022 - 11:55:00 WIB
Erick Thohir Percepat Kunker di Belanda gegara Harga BBM, Segera Rapat dengan 2 BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir percepat kunker di Belanda gegara harga BBM naik, segera rapat dengan 2 BUMN.  (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang sedang berada di Belanda dalam rangka kunjungan kerja (kunker) segera pulang ke Indonesia. Hal itu dilakukan setelah pemerintah memutuskan menaikkan harga BBM pada Sabtu (3/9/2022) siang.

Erick menegaskan, kepulangannya ini adalah sebuah bentuk tanggung jawab untuk memastikan penugasan Pertamina berjalan baik. Pasalnya, Pertamina ditugaskan untuk memastikan pasokan hingga distribusi BBM berjalan lancar.

"Tadi saya juga telepon direksi Pertamina untuk standby dan memastikan di 3 hari ke depan seluruh SPBU kuotanya tercukupi," kata dia dalam keterangannya, dikutip Minggu (4/9/2022).

Erick pun berkomitmen terus mendorong Pertamina dan Telkom untuk meningkatkan optimalisasi layanan MyPertamina. Itu karena aplikasi tersebut merupakan sarana bagi masyarakat kurang mampu dalam mengakses BBM subsidi. 

"Kepulangan saya salah satunya bertujuan untuk segera rapat dengan Telkom dan Pertamina untuk sinkronisasi data. Dan saya juga akan segera menghadap Pak Kapolri untuk mendapatkan dukungan data yang namanya pelat nomor mobil dan jenisnya agar kita bisa sinkronisasi," tutur dia.

Sebagai informasi, Erick tiba di Belanda pada Jumat (2/9/2022), dan sedianya akan menjalani sejumlah agenda kerja sama BUMN hingga hari ini, Minggu (4/9/2022). Namun dia memutuskan pulang lebih cepat pada Sabtu (3/9/2022). 

Adapun tujuan kunjungan ke Belanda untuk melakukan perluasan jaringan demi menangkap potensi ekonomi serta bisnis di wilayah Eropa pascaBrexit.

Di Belanda, Erick menghadiri pembukaan Kantor Perwakilan BNI di Amsterdam. Selain itu, menyaksikan kerja sama PT Pertamina (Persero) dengan mitra strategis di Belanda untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) sebagai alternatif energi terbarukan di Indonesia.

Di samping itu, Erick juga menyaksikan kerja sama BUMN dengan Friesland Campina untuk pengembangan peternakan sapi perah di Indonesia dalam rangka meningkatkan produksi susu segar dalam negeri, serta kerja sama ekspor komoditas kopi yang dihasilkan oleh perkebunan negara dan perkebunan rakyat antara BUMN dengan pengusaha di Uni Eropa.

Pada kesempatan tersebut, Erick memboyong UMKM binaan BUMN yang telah dikurasi untuk menghadiri pameran terbesar di Eropa, Tong Tong Fair 2022 di Den Haag.

"Jadi kemarin saya dari Papua langsung ke Belanda ini karena ada kerja sama yang saya rasa sangat bagus dan tidak bisa ditunda," ucapnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda