Erick Thohir Perkenalkan LPI ke Investor Global, Yakin Investasi Akan Meningkat

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 15:23:00 WIB
Erick Thohir Perkenalkan LPI ke Investor Global, Yakin Investasi Akan Meningkat
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Pengelola Investasi (LPI), Sovereign Wealth Fund (SWF) milik Indonesia, baru saja dibentuk. Lembaga ini langsung diperkenalkan kepada investor global.

"Kita kemarin sudah roadshow (berkeliling) ke beberapa negara dan insyaallah akan ada kabar baik ke depan bagaimana partner kita di luar negeri bisa percaya dengan pertumbuhan ekonomi dan investasi yang ada di Indonesia," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir secara virtual, Selasa (23/2/2021).

Dia yakin kehadiran LPI dapat menarik investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) ke Indonesia. Sejauh ini, kata dia, sudah ada komitmen sebesar 9,5 miliar dolar AS dari investor untuk menanamkan modal ke LPI.

Erick yang juga ditunjuk menjadi Anggota Dewan Pengawas LPI itu mengungkapkan, Presiden Jokowi ingin makin banyak dana yang bisa dihimpun LPI.

"Karena itu kita atur kembali bagaimana dapat modal, bukan utang melalui LPI. Tugas dari pada ini meningkatkan foreign direct investment," katanya. 

Soal pengelolaan dana, kata Erick, manajemen LPI dapat menunjuk manajer investasi. Setiap keputusan investasi LPI diatur secara ketat sesuai perundang-undangan. Bentuk investasinya bermacam-macam mulai dari pembentukan perusahaan patungan (joint venture), reksa dana, kontrak investasi kolektif (KIK), atau lainnya.

Editor : Rahmat Fiansyah