Bentuk SWF, Sri Mulyani Sebut Indonesia Tak Bisa Terus-terusan Berutang

Rina Anggraeni ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 14:35:00 WIB
Bentuk SWF, Sri Mulyani Sebut Indonesia Tak Bisa Terus-terusan Berutang
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia kini memiliki Sovereign Wealth Fund (SWF) bernama Lembaga Pengelola Investasi (LPI). SWF itu akan membiayai proyek-proyek pembangunan, terutama infrastruktur.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, LPI bertugas mencari pembiayaan dalam bentuk investasi, bukan pinjaman atau utang. Dengan demikian, pembentukan LPI untuk menarik modal investor asing untuk bermitra dengan pemerintah.

"Karena Indonesia tidak bisa terus-menerus membangun dan mengembangkan dirinya hanya melalui pembiayaan yang berasal dari leverage atau utang," katanya secara virtual, Kamis (18/2/2021).

Sri Mulyani mengatakan, LPI sangat penting sebagai upaya membangun ekonomi nasional secara berkelanjutan. Sebagai Ketua Dewan Pengawas LPI, dia mengaku tertantang.

"Sungguh mengasyikkan, namun tentunya juga merupakan tugas yang sangat menantang, namun kami optimistis dapat membangun lembaga ini, dan menjadi instrumen untuk membantu Indonesia terus berkembang dengan cara yang lebih berkelanjutan secara finansial," katanya.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menilai, LPI bisa menjadi kendaraan investasi yang fleksibel bagi pemerintah. Selain itu, upaya menarik investasi asing bisa dipercepat lewat kehadiran lembaga itu.

Editor : Rahmat Fiansyah