Erick Thohir Ungkap BUMN Bakal Bangun Layanan Kesehatan Bertaraf Internasional di Bali

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 15 Juli 2021 - 21:30:00 WIB
Erick Thohir Ungkap BUMN Bakal Bangun Layanan Kesehatan Bertaraf Internasional di Bali
Menteri BUMN Erick Thohir ungkap BUMN akan bangun layanan kesehatan bertaraf internasional di Bali.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, BUMN akan membangun layanan kesehatan satu pintu atau one stop health services bertaraf internasional di Sanur, Bali. Langkah ini dilakukan demi mendukung ekosistem kesehatan Indonesia.

Erick menuturkan, BUMN juga membangun ekosistem kesehatan. Seperti yang disepakati sejak awal, kata dia, Indonesia harus sehat dulu, baru Indonesia bekerja, dan tumbuh.

"Karena itu, kita membangun one stop health services yang ada di Bali, di mana lahannya milik BUMN. Apalagi kalau kita melihat data-data untuk penyakit kanker, paru-paru kita masih salah satu tertinggi di dunia. Tingkat kematian kanker di Indonesia lebih tinggi dari dunia," kata Erick dalam seminar daring Investor Daily Summit 2021, dikutip dari Antara, Kamis (15/7/2021).

Dia ingin memastikan Indonesia memiliki ekosistem yang kuat dengan mengundang perusahaan-perusahaan, rumah sakit-rumah sakit internasional untuk menjalin kerja sama di Indonesia dan dengan BUMN. Namun dia belum mau mengungkapkan siapa saja yang telah diajak kerja sama terkait layanan kesehatan satu pintu tersebut.

"Saya tidak bisa bicara kita sudah tanda tangan dengan siapa, tapi nanti ada waktunya pasti pasar akan terlihat, Indonesia bisa," ujarnya.

Dia pun mengajak semua pihak untuk membangun ekosistem kesehatan di Indonesia. Ini karena Indonesia memiliki pasar yang besar untuk industri kesehatan, di mana 600.000 masyarakat Indonesia keluar negeri untuk berobat dan ratusan triliun yang dibelanjakan.

"Ini terbuka ekosistem kita bekerja sama dengan investor swasta serta berbagai pihak," ucapnya.

Adapun pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur nantinya akan dilengkapi fasilitas perawatan kanker bertaraf internasional bekerja sama dengan operator rumah sakit ternama. Kawasan yang selama ini dikenal sebagai Grand Inna Bali BEach Resort (GIBB) Sanur, Bali akan memiliki healty and welness zone serta tourism support zone dengan total area seluas 41,3 hektare.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda