Evergrande Kantongi Rp12,22 Triliun setelah Batalkan Kontrak Pembangunan Stadion Baru 

Aditya Pratama · Minggu, 07 Agustus 2022 - 07:13:00 WIB
Evergrande Kantongi Rp12,22 Triliun setelah Batalkan Kontrak Pembangunan Stadion Baru 
Lokasi pembangunan Stadion Guangzhou Evergande untuk klub Guangzhou FC yang dikembangkan China Evergrande Group di Guangzhou, Guangdong, China. (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Perusahaan properti China Evergrande Group bakal menerima 818 juta dolar AS atau setara Rp12,22 triliun setelah membatalkan kontrak pembangunan stadion sepak bola baru. Pembangunan stadion dimulai lebih dari dua tahun lalu, tetapi dilanda masalah selama berbulan-bulan.

Mengutip dari BBC, Minggu (7/8/2022), pembangunan stadion itu diperuntukkan bagi Guangzhou FC, tim papan atas yang dibeli Evergrande sebagai pengendali pada 2010. Perusahaan menyebut, uang dari kesepakatan itu akan digunakan untuk melunasi utang terkait proyek tersebut.

Evergrande telah berjuang sejak tahun lalu di bawah beban lebih dari 300 miliar dolar AS utang, di mana sekitar 20 miliar dolar AS dipegang oleh investor dari luar negeri.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, tanah, bangunan, dan barang-barang lain yang terkait dengan stadion akan dialihkan ke Biro Perencanaan Kota dan Sumber Daya Alam Guangzhou, tulis Evergrande dalam sebuah pernyataan kepada Bursa Efek Hong Kong.

Sebelumnya, pada September 2021, pekerjaan pembangunan di Stadion Sepak Bola Guangzhou Evergrande akan berlanjut meskipun krisis utang. Tetapi sebuah badan pemerintah mengambil alih stadion tahun lalu dan berencana untuk menjualnya.

Pada saat itu, diilaporkan bahwa Evergrande juga mempertimbangkan untuk menjual Guangzhou FC. Namun pernyataan terbaru Evergrande tidak menyebut klub tersebut.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda