Gandeng Japfa, BNI Salurkan Sustainability Linked Loan Rp1,42 Triliun

Rizqa Leony Putri ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 12:25:00 WIB
Gandeng Japfa, BNI Salurkan Sustainability Linked Loan Rp1,42 Triliun
(Ki-ka) Pemimpin Divisi Korporasi 1 BNI I Made Sukajaya dan Direktur Japfa Leo Handoko dalam penandatanganan kerja sama pembiayaan Sustainability-Linked Loan (SLL) senilai Rp1,42 triliun BNI dan Japfa Comfeed Indonesia. (Foto: dok BNI)

JAKARTA, iNews.idPT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI (kode saham: BBNI) menggandeng PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (kode saham: JPFA) dalam memberikan pembiayaan Sustainability-Linked Loan (SLL) senilai Rp1,42 triliun. Fasilitas kredit bilateral dengan jangka waktu lima tahun ini akan digunakan untuk kebutuhan perusahaan secara umum.

Hal ini menyusul segmen green banking yang kini terus didorong pertumbuhannya guna mewujudkan ekonomi berkelanjutan. Tak hanya dikarenakan arahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perbankan pun proaktif mencari debitur berkualitas di segmen green banking.

Dalam keterangannya, Direktur Corporate Banking BNI Silvano Rumantir menyampaikan skema mekanisme struktur kredit SLL dengan jangka waktu lima tahun di industri Agri-Food merupakan hal yang pertama dilakukan BNI. Fasilitas pembiayaan ini merupakan komitmen perseroan untuk terus mendorong potensi green banking seiring dengan tren peningkatan investasi bisnis berkelanjutan.

Dengan ditandatanganinya perjanjian kredit antara BNI dan Japfa, perseroan berharap dapat terus mendorong perubahan menuju masa depan kegiatan usaha yang berkelanjutan serta kerja sama bisnis yang menyeluruh antara kedua pihak.

“Kami mengapresiasi Japfa yang mau bekerjasama dengan BNI dalam pengembangan segmen green banking. Kami harap bisnis Japfa dapat berkembang dengan menggunakan skema pembiayaan ini. Bahkan, kami berharap ini bisa menjadi acuan bagi mitra kami lainnya dalam mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih berkelanjutan,” katanya.

Silvano memaparkan dalam pembiayaan ini BNI telah menetapkan indikator kinerja utama lingkungan yang terkait dengan pencapaian target keberlanjutan yang ditujukan untuk meminimalkan dampak pencemaran air.

Selanjutnya, produksi air bersih melalui pengelolaan, pengolahan dan/atau daur ulang serta pemanfaatan air limbah dapat meningkatkan sirkulasi air dan mengurangi pengambilan air tanah.

Silvano melanjutkan, BNI juga akan mencari potensi pembiayaan value chain perusahaan, cash management, payment channel, supply chain financing, pembiayaan KUR ke para mitra serta produk konsumer karyawan, baik penghimpunan dana maupun penyaluran pinjaman.

“Tentunya semua produk perbankan kami dilengkapi dengan solusi digital yang solid bagi Japfa. Kami pun proaktif melakukan transformasi digital BNI guna menyuguhkan layanan yang terbaik,” ucapnya.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda