Gandeng Perusahaan Asal Inggris, PAL Indonesia Godok Kapal Frigate

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 19:45:00 WIB
Gandeng Perusahaan Asal Inggris, PAL Indonesia Godok Kapal Frigate
Chief Marketing Officer (CMO) PAL Indonesia, Willgo Zainar (kanan), saat menerima kunjungan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, di Jakarta, baru-baru ini. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - PT PAL Indonesia (Persero) menggandeng perusahaan asal Inggris, Babcock International, untuk mengodok pembuatan Kapal Frigate. 

Chief Marketing Officer (CMO) PAL Indonesia, Willgo Zainar, mengatakan kerja sama antara Babcock dan PAL sudah berjalan sebelumnya. Tujuannya, memperkuat rantai pasok (supply chain) global hingga lisensi. 

"PAL Indonesia telah memiliki kerja sama strategis dengan industri lokal Inggris. Baik dalam peran global supply chain maupun dalam kaitannya dengan lisensi yakni seperti BAE System Bofors maupun dengan Babcock," ujar Willgo Zainar dalam keterangan pers, Jumat (3/12/2021).

Penguatan kerja sama keduanya pun ditandai dengan kunjungan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, di Jakarta. 

Kunjungan tim Kedutaan Besar Inggris tersebut pun dimaknai sebagai upaya memperkuat keperluan bisnis Government-to-Government (G2G), hingga implementasi dukungan Internasional terhadap kemajuan PAL. Kerja sama bilateral itupun dipahami sebagai wujud kuatnya hubungan diplomasi antara Inggris-Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, Owen Jenkins mengatakan, otoritas Inggris tetap memberikan dukungan penuh atas pembuatan kapal Frigate. Pasalnya, PAL menjadi galangan kapal modern terbesar di Indonesia.

“Pemerintah Inggris merasa terhormat dengan adanya kerja sama Babcock International dengan PAL yang merupakan The Most Advance and Leading Naval Shipbuilding Industry," ungkap Owen Jenkins. 

Di lain sisi, pemerintah Inggris juga memberi mendukung pada kegiatan Transfer of Technology (ToT) dan Transfer of Knowledge (ToK) dalam setiap kesepakatan kerja sama bisnis antara industri lokal Inggris dengan Indonesia. 

Dubes UK itu berharap kunjungan ini menjadi sarana memperkuat relasi kemaritiman dengan PAL, melalui kerja sama dengan Babcock International.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: