Garuda Indonesia Waspadai Penyebaran Virus Korona dari Penerbangan Internasional

Muhammad Aulia ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 20:05 WIB
Garuda Indonesia Waspadai Penyebaran Virus Korona dari Penerbangan Internasional

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra (kiri) dan Komisaris Utama Garuda Indonesia, Triawan Munaf (tengah) di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1/2020). (Foto: iNews.id/Muhammad Aulia)

JAKARTA, iNews.id - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terus meningkatkan kewaspadaan terkait potensi penyebaran virus korona ke Indonesia. Maskapai tengah memantau seluruh rute penerbangan internasional, terutama China.

"Perwakilan kita di beberapa negara juga sudah kita minta kerja sama dengan otoritas di negara masing-masing untuk memastikan pergerakan virus tersebut tidak menyebar melalui Garuda," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Jakarta, Jumat (24/01/2020).

Untuk diketahui, virus korona saat ini sudah menyebar ke negara-negara di luar China seperti AS, Jepang, Korsel, Taiwan, Thailand, dan Singapura. Meski belum ada kesimpulan, virus ini diduga berasal dari konsumsi hewan liar di Wuhan.

Irfan menegaskan Garuda Indonesia membuka peluang penutupan sementara rute penerbangan bila situasi di tempat tujuan memburuk akibat virus korona.

Komisaris Utama Garuda Indonesia Triawan Munaf menambahkan, tim Garuda terus memonitor situasi di lapangan.

"Semua orang di lapangan telah ternotifikasi soal (virus) ini, unit flight sefety dan unit aviation medic, sentra medika di Garuda merekalah yang memantau ini," kata Triawan.

Triawan juga menambahkan petugas Garuda di lapangan terus memberikan informasi terkini soal situasi di lapangan, termasuk apabila ditemukan penumpang maskapai yang diduga terinfeksi virus korona.

"Ini kerja sama tingkat dunia. Semua petugas sudah pakai masker dan sesuai level kewaspadaan," ucap Triawan.


Editor : Rahmat Fiansyah