Genjot Sektor Wisata, Jabar Rekrut 1.000 Anak Muda Desa Jadi Konten Kreator
BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) merekrut 1.000 anak muda desa untuk menjadi konten kreator dalam upaya mempromosikan sektor pariwisata.
Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, program yang dikemas dalam Smile West Java (SWJ) Ambassador ini merupakan intruksi dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang ingin membuat terobosan baru dalam mendongkrak sektor pariwisata di Jabar lewat peran konten kreator.
"Ini merupakan idenya Pak Gubernur. Pak Gubernur mengharapkan para konten kreator ini bisa mengeksplore potensi-potensi yang ada di Jabar, terutama pariwisata karena selama ini, potensi pariwisata ini kurang tereksplor," kata Benny dalam Penutupan SWJ Ambassador 2022 di Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda, Bandung, Sabtu (10/12/2022).
Benny mengatakan, anak-anak muda itu nantinya akan diberikan edukasi atau pelatihan tentang bagaimana caranya membuat konten untuk mempromosikan potensi wisata di wilayahnya masing-masing.
"Jadi nanti mereka itu harus belajar bagaimana caranya membuat konten, bagaimana memanfaatkan teknologi informasi ini supaya mereka bisa meng-eksplore potensi desanya, itu yang kita kuatkan," ungkap Benny.
Tahun ini, lanjutnya, sebanyak 108 konten kreator telah menjalankan tugasnya sebagai Ambassador SWJ. Rencananya, program SWJ Ambassador akan kembali digelar tahun depan dengan target 1.000 konten kreator.
"Kita berikan pelatihan, dari pelatihan itulah mereka mampu mengeksplore potensi yang ada di wilahnya, targetnya 1.000 konten kreator atau lebih," ujar Benny.
Dia menuturkan, program SWJ Ambassador 2022 telah memberikan kontribusi yang baik terhadap pengembangan sektor pariwisata di Jabar. Nantinya akan dilibatkan para konten kreator yang sudah memiliki follower cuku besar.
"Ini yang kita harapkan dan ternyata dalam tujuh bulan ini memberikan kontribusi yang sangat baik sekali. Hasilnya adalah peningkatkan kunjungan wisatawan yang sebelumnya belum tereksploitasi," kata Benny.
Dia menambahkan, Jabar sudah memiliki 434 desa wisata yang terbagi dalam desa wisata rintisan, maju, berkembang, dan mandiri.
Sementara itu, salah satu konten kreator SWJ Ambassador 2022, Nenden Yayu Destiana mengatakan, dirinya bertugas untuk mempromosikan pariwisata di Jabar lewat sebuah video.
"Kita di sini sebagai SWJ Ambassador bertugas mempromosikan pariwisata dan kebudayaan serta ekonomi yang ada di Jawa Barat. Tugasnya lebih ke pembuatan video konten yang menarik untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke Jawa Barat," kata Nenden.
Diakui Nenden, selama bertugas menjadi konten kreator SWJ Ambassador, ada tiga daerah di Jabar yang sangat berkesan buat dirinya yaitu Bogor, Bekasi, dan Depok.
Pernyataan senada disampaikan Rusman Hakim yang juga menjadi konten kreator SWJ Ambassador 2022. Menurut dia, tugas kesehariannya selama menjadi konten kreator yang mempromosikan pariwisata Jabar.
"Jadi untuk sehari-hari kita di sini kerjaanya ngonten, ngonten, dan ngonten. Tujuannya untuk memperkenalkan pariwisata yang ada di Jawa Barat bukan hanya di nasional tapi juga global," kata Rusman.
Baik Nenden ataupun Rusman, keduanya mengaku sangat beruntung bisa bergabung menjadi konten kreator SWJ Ambassador karena bisa mengenalkan pariwisata dan kebudayaan sekaligus meningkatkan perkenomian masyarakat di Jabar.
Editor: Jeanny Aipassa