GeNose Dipasang di Pelabuhan Minggu Ini, Bandara 1 April

Antara ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 21:56:00 WIB
GeNose Dipasang di Pelabuhan Minggu Ini, Bandara 1 April
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Kemenhub)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah menyiapkan GeNose di pelabuhan dan bandara. Alat deteksi Covid-19 dengan embusan nafas itu sebelumnya sudah dipasang di stasiun.

“Di kereta api, animo masyarakat untuk menggunakan GeNose sangat bagus dan saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan GeNose," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Selasa (23/2/2021).

Menhub menuturkan, penerapan GeNose di simpul-simpul transportasi diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses terhadap alat Covid-19 dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan begitu diharapkan pelacakan yang lebih luas dapat mengurangi penyebaran virus corona di transportasi umum.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengungkapkan, GeNose akan mulai dipasang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta minggu ini. Namun, penggunaannya masih bersifat acak (random).

"Sementara, untuk di sektor udara akan mulai diterapkan pada 1 April 2021 mendatang karena ada beberapa hal yang harus dibahas lebih lanjut secara teknis operasionalnya," kata Menhub.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2