Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : CGIF Jamin Obligasi dan Sukuk Global Mediacom, Minimalkan Risiko Gagal Bayar
Advertisement . Scroll to see content

Global Mediacom Hadirkan Teknologi yang Hubungkan Penonton TV ke Layanan Streaming

Senin, 30 Juni 2025 - 21:22:00 WIB
Global Mediacom Hadirkan Teknologi yang Hubungkan Penonton TV ke Layanan Streaming
Direktur Utama Global Mediacom Hary Tanoesoedibjo (kedua dari kiri) dalam RUPST BMTR di Jakarta, Selasa (30/6/2025). (Foto: Aziz Indra)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Direktur Utama PT Global Mediacom Tbk (BMTR) Hary Tanoesoedibjo menuturkan, saat ini tengah mengembangkan teknologi yang mampu menghubungkan penonton televisi ke layanan streaming di ponsel genggam.

Hary menjelaskan, layanan ini memungkinkan pengguna bisa tetap menikmati konten yang sebelumnya di layar televisi untuk dipindahkan ke streaming tanpa memutus konten. Targetnya, para pengguna bisa tetap menikmati konten televisi melalui layanan streaming di mana pun berada.

"Kita sebut ini connect TV, istilah kita sendiri. Kalau diperhatikan, di kanan bawah layar (televisi) ada QR Code, jadi kalau di scan otomatis akan ke streaming," ucap Hary dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BMTR di Jakarta, Selasa (30/6/2025). 

"Misal saya lagi nonton bola di RCTI, terus ada janji mau keluar, saya tidak usah keluar, saya tinggal scan, kemudian otomatis di-divert ke OTT kita. Sehingga saya bisa lanjut nonton di mobil, continue watching, tanpa putus," tuturnya. 

Lebih jauh, Hary menjelaskan, konsep ini telah dipatenkan di dalam negeri. Ke depannya, perseroan berencana untuk menjual lisensinya sebagai sumber pendapatan baru. Bahkan, konsep ini rencananya juga akan dipatenkan di luar negeri.

"Jadi untuk continue watching dari TV atau PTV ke streaming atau channel OTT kita, ada RCTI+ dan Vision+. Jadi ini baru pertama kali di dunia, kita sekarang mencoba melangkah ke luar negeri untuk mematenkan ini juga," katanya.

Dalam kesempatan itu, Hary menjelaskan segmentasi penonton di layanan streaming punya potensi cukup besar. Hal ini disebabkan karena sudah mulai banyaknya masyarakat yang memiliki ponsel dan lebih banyak memanfaatkan layanan streaming ketimbang layanan PTV atau TV FTA.

"Makanya karena melihat keadaan seperti itu, OTT kita segmennya kita tambahkan. Tadinya di dominasi male, yang sebelumnya terkenal di sport, tapi kita tambah juga di female, dan terus ke program anak-anak," ucapnya.

"Jadi tahun 2025 ini banyak sekali perubahan-perubahan yang kita lakukan untuk menyesuaikan dengan keadaan yang terjadi. Kalau tidak, tidak mungkin bisa bersaing dengan kompetisi yang semakin luar biasa dengan kondisi ekonomi yang relatif bisa dikatakan bisa menurun," tuturnya.

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut