Gurita Bisnis Koch Industries, dari Minyak hingga Peternakan Sapi

Rahmat Fiansyah ยท Minggu, 25 Agustus 2019 - 13:13 WIB
Gurita Bisnis Koch Industries, dari Minyak hingga Peternakan Sapi

Koch Industries. (Foto: Ist)

WICHITA, iNews.id - David H. Koch, konglomerat asal AS, meninggal dunia. Sebelum pensiun pada 2018 lalu, dia bersama kakaknya, Charles Koch menakhodai Koch Industries, perusahaan holding terbesar kedua di AS setelah Cargill.

Dikutip dari Forbes, Minggu (25/8/2019), jejaring bisnis Koch Industries sangat luas, mulai dari minyak hingga perternakan sapi. Pada tahun lalu, total pendapatan seluruh anak usaha Koch Industries mencapai 110 miliar dolar AS atau Rp1.540 triliun.

Saat didirikan oleh ayah Koch bersaudara, Fred, Koch Industries hanya bergerak di sektor hilir minyak. Berikut lima dari ratusan perusahaan milik Koch Industries yang dikutip dari Investopedia:

1. Flint Hill Resources.

Flint Hill merupakan anak usaha Koch Industries yang mengolah minyak mentah menjadi banyak produk seperti bensin, pelumas, biodiesel, avtur, solar, dan lain-lain. Flint Hill mengoperasikan kilang minyak di Minnesota dan Texas serta pabrik etanol di Georgia, Iowa, dan Nebraska.

2. Georgia-Pacific

Koch Industries mengakuisisi Georgia Pacific (GP) pada akhir tahun 2005 senilai 21 miliar dolar AS. Perusahaan pulp dan kertas ini memproduksi kertas, tisu, tisu toilet, dan produk lain.

GP yang memiliki lebih dari 40 ribu karyawan ini tersebar di 200 lokasi di dunia. Berbasis di Atlanta, Georgia, perusahaan ini menjangkau pasar global.

3. Guardian Industries

Perusahaan manufaktur kaca ini baru dikuasai sepenuhnya oleh Koch Industries pada 1 Februari 2017. Pada tahun-tahun sebelumnya, Koch Industries memegang saham minoritas sebesar 44,5 persen.

Guardian memproduksi kaca untuk kendaraan bangunan, dan kebutuhan arsitektur lain. Berkantor pusat di Michigan, perusahaan ini mempekerjakan 18 ribu orang di seluruh dunia.

4. Invista

Invista merupakan perusahaan hasil spin-off perusahaan cat DuPont yang dibeli Koch Industries pada April 2004. Perusahaan tersebut memproduksi spandeks, resin, bahan kimia, dan polimer.

Total, Invista memiliki 23 merek untuk produk kain, serat, plastik, polimer, bahan kimia, dan lisensi teknologi. Invista beroperasi di 20 negara dan memiliki 10 ribu karyawan.

5. Matador Cattle Company

Koch Industries terlibat dalam bisnis peternakan sapi lewat Matador Cattle Company. Anak usaha tersebut mengelola tiga peternakan dengan total luas 172 ribu hektare di Beaverhead (Montana), Matador (Texas), dan Flint Hills (Eastern Kansas).

Saat ini, lebih dari 12 ribu ekor sapi dibesarkan oleh Matador Cattle. Selain sapi, perusahaan juga menjual banteng dan kuda.


Editor : Rahmat Fiansyah