Hadiri B20 Summit, ICAEW akan Bahas Upaya Anti Pencucian Uang

Ikhsan Permana SP ยท Sabtu, 06 Agustus 2022 - 07:43:00 WIB
Hadiri B20 Summit, ICAEW akan Bahas Upaya Anti Pencucian Uang
Managing Director International ICAEW, Mark Billington. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) akan membahas isu upaya anti pencucian uang di B20 Summit yang merupakan rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia. 

ICAEW merupakan salah satu lembaga keuangan yang akan hadir bersama pemangku kepentingan utama dalam ekosistem bisnis global di Pertemuan Tingkat Tinggi B20 (B20 Summit) pada Oktober 2022.  

Managing Director International ICAEW, Mark Billington, mengatakan ICAEW akan mengangkat upaya anti pencucian uang (AML) melalui pengembangan program dan penerapan kebijakan yang telah ditentukan. 

Menurut dia, isu itu diangkat karena pencucian uang lebih dari sekedar penipuan biasa, tindakan itu dapat mendanai kejahatan serius lainnya seperti perbudakan modern, perdagangan narkoba, korupsi, terorisme dan lainnya. 

"ICAEW merasa terhormat diberi kesempatan ini untuk menyampaikan hasil kebijakan untuk diskusi di B20 Summit, dan kami yakin bahwa pengetahuan dan keahlian kami di bidang ini dapat membantu mengatasi masalah penting pencucian uang dan pendanaan terorisme agar bisnis-bisnis dapat berkembang," kata Mark Billington.

Berangkat dari isu tersebut, lanjutnya, ICAEW sebagai badan akuntansi yang berbasis di Inggris dan anggota Satuan Tugas Integritas dan Kepatuhan B20 turut memainkan peran dalam memberikan panduan dan sumber daya untuk membantu perusahaan mematuhi tanggung jawab hukum dan profesional mereka. 

"Saat ini, ICAEW mengawasi sekitar 11.000 perusahaan akuntansi dengan strategi pengawasan anti pencucian uang yang kuat. ICAEW menggunakan pendekatan berbasis risiko, yang artinya upaya-upayanya difokuskan pada perusahaan dengan risiko tertinggi terkena pencucian uang," ujar Mark Billington.

Dia menuturkan, ICAEW menawarkan bantuan dan dukungan kepada perusahaan jika sesuai, dengan menyediakan panduan, sumber daya, dan saran praktis dan menyoroti masalah-masalah untuk dipertimbangkan.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda