Harga Minyak Naik Tipis, Brent Dijual 27,15 Dolar AS per Barel

Ranto Rajagukguk ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 12:02 WIB
Harga Minyak Naik Tipis, Brent Dijual 27,15 Dolar AS per Barel

Harga minyak mentah naik. (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Harga minyak naik moderat pada Selasa (24/3/2020) waktu setempat karena langkah agresif terbaru Federal Reserve memberikan dukungan.

Mengutip Xinhua, Rabu (25/3/2020), Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Mei naik 0,65 dolar AS menjadi 24,01 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Mei naik 0,12 dolar AS menjadi 27,15 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

"Ini memberikan daya yang signifikan terhadap harga minyak, setidaknya dalam jangka pendek," Eugen Weinberg, analis energi di Commerzbank Research, mengatakan dalam sebuah catatan pada Selasa, merujuk pada langkah terbaru Fed termasuk program QE (pelonggaran kuantitatif) tanpa batas, likuiditas tambahan dan langkah-langkah pinjaman.

Bank sentral AS pada Senin mengumumkan rencana untuk membeli surat utang dan obligasi lain tanpa batas untuk membantu pasar berfungsi lebih efisien di tengah ketidakpastian coronavirus.

Namun, sangat dipertanyakan apakah kondisi ini akan terus berlanjut di pasar minyak, karena berita buruk di sisi permintaan dan perang harga yang belum pernah terjadi sebelumnya antara produsen minyak terus membebani.

Awal bulan ini, kegagalan untuk mencapai kesepakatan mengenai pengurangan produksi minyak antara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dipimpin oleh Rusia, telah memicu kekhawatiran kemungkinan perang harga.


Editor : Ranto Rajagukguk