Harga Obat Covid-19 Kalbe Turun 50 Persen Jadi Rp1,5 Juta

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 04 Oktober 2020 - 07:40:00 WIB
Harga Obat Covid-19 Kalbe Turun 50 Persen Jadi Rp1,5 Juta
Remdesivir. (Foto: ilustrasi/AFP)

JAKARTA, iNews.id - PT Kalbe Farma Tbk dan PT Amarox Global Pharma sepakat untuk menurunkan harga jual obat Covid-19 menjadi Rp1,5 juta. Obat jenis remdesivir dengan merek Covifor itu sebelumnya dihargai Rp3 juta.

Presiden Direktur Kalbe Farma, Vidjongtius mengatakan, penurunan harga merupakan bentuk dukungan perseroan terhadap upaya pemerintah mengatasi pandemi Covid-19. Apalagi, kebutuhan Covifor diprediksi cukup besar.

"Setelah diskusi bersama antara Kalbe, Hetero India dan Amarox, kami sepakat untuk memberikan harga jual khusus Covifor," katanya dikutip, Minggu (4/10/2020).

Obat Covid-19 ini merupakan hasil kolaborasi antara Kalbe Farma dengan Amarox, anak usaha Hetero yang tak lain perusahaan farmasi generik asal India. Obat antivirus ini telah mendapatkan status Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM).

Country Manager Amarox, Sandeep Sur, mengatakan, Amarox dan Kalbe sepakat mendukung pemerintah mengatasi pandemi Covid-19. Dengan harga yang lebih murah, dia berharap semakin banyak pasien yang mendapat manfaat.

“Kami sadar dampak pandemi Covid-19 yang luas, menambah beban biaya bagi pemerintah dan pasien. Maka, kami mendukung dengan memberikan harga khusus Covivor untuk Indonesia,” kata Sandeep.

Covifor diproduksi di fasilitas produksi Hetero di Hyderabad, India. Obat hasil lisensi Gilead Sciences ini telah disetujui regulator global seperti USFDA dan EU.

Obat Covid-19 tersebut kini mulai didistribusikan di 127 negara, termasuk Indonesia. Peredaran obat bakal dibatasi hanya ke rumah sakit, sehingga tidak dijual bebas ke masyarakat umum.

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda