Harga TBS Sawit Masih Rendah Usai Ekspor CPO Dibuka, Segini Kenaikan di Sejumlah Provinsi

Advenia Elisabeth ยท Kamis, 02 Juni 2022 - 12:17:00 WIB
Harga TBS Sawit Masih Rendah Usai Ekspor CPO Dibuka, Segini Kenaikan di Sejumlah Provinsi
Harga TBS sawit masih rendah usai ekspor CPO dibuka, segini kenaikan di sejumlah provinsi. (foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) melaporkan, seminggu setelah pencabutan larangan ekspor CPO oleh Presiden Jokowi pada 23 Mei 2022, harga Tandan Buah Segar (TBS) petani sawit swadaya masih rendah. 

"Dari pantauan harga TBS yang dilakukan oleh SPKS di wilayah-wilayah anggota di 10 provinsi dan 14 kabupaten, kenaikan yang paling tinggi hanya sekitar Rp600 per kg," kata Sekretaris Jenderal SPKS Mansuetus Darto dalam keterangannya, Kamis (2/6/2022).

Selain itu, harga TBS petani swadaya saat ini juga masih sangat jauh dari harga TBS yang ditetapkan Dinas Perkebunan Provinsi sesuai Permentan No 1 Tahun 2018, yaitu masih sekitar Rp1.000–Rp 1.900 per kg. Adapun harga yang ditetapkan provinsi rata-rata di atas Rp3.500 per kg. 

Darto mengungkapkan, harga TBS saat ini juga sangat berbeda dengan penurunan harga TBS pascapengumuman kebijakan pelarangan ekspor CPO oleh Presiden Jokowi. 

"Saat itu harga TBS petani sawit swadaya langsung jatuh di di bawah Rp2.000 di seluruh Indonesia dari harga Rp3.500 – Rp3.900 per kg," ujarnya. 

Melihat kondisi saat ini, dia meminta agar pemerintah baik pusat maupun daerah untuk terus melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap perkembangan harga TBS di semua provinsi di Indonesia.

"Karena masih banyak perusahaan yang membeli TBS petani sawit swadaya dengan margin yang tinggi dengan harga ketetapan provinsi sesuai dengan Permentan No 1 tahun 2018," ucapnya. 

Pemerintah juga diminta untuk memperkuat kelembagaan petani dan percepatan kemitraan antara petani sawit swadaya dengan perusahaan. Sebab, yang paling menderita petani sawit swadaya yang tidak memiliki kelembagan dan juga tidak mempunyai kemitraan dengan perusahan terdekat.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda