Hary Tanoesoedibjo: Lini Bisnis Digital MNCN Terus Berkembang dengan Inisiatif Menarik

JAKARTA, iNews.id - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo senang dengan capaian PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) sepanjang tahun lalu. Bahkan, lini bisnis digital perseroan terus berkembang dengan banyak inisitif menarik.
"Kami sangat senang dengan tahun 2022, karena meskipun di tengah perubahan yang sedang berlangsung di industri yang disebabkan oleh penerapan Analog Switch Off (ASO), MNCN masih mampu menunjukkan hasil yang menjanjikan," kata Hary Tanoesoedibjo dalam keterangannya, Selasa (27/6/2023).
Adapun perseroan menghasilkan pangsa pemirsa gabungan yang kuat sebesar 40,5 persen di empat saluran FTA-nya. Selain itu, juga mendominasi kue belanja iklan sebesar 44,9 persen.
"Lini bisnis digital kami juga terus berkembang dengan banyak inisiatif yang menarik dan menyenangkan dan diharapkan menghasilkan hasil yang luar biasa untuk tahun-tahun mendatang," ujarnya.
Sementara itu, MNCN sepanjang tahun lalu membukukan laba bersih sebesar Rp2,24 triliun, yang merupakan margin laba bersih sebesar 25 persen. Sedangkan pendapatan tercatat sebesar Rp9,06 triliun, turun 9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).
Penurunan tersebut terutama disebabkan oleh implementasi ASO di wilayah Jabodetabek pada kuartal IV 2022, yang mengakibatkan banyak pengiklan menahan pengeluaran pemasaran mereka, terutama pada TV FTA yang mewakili sebagian besar dari pendapatan perseroan sekitar 58 persen pada tahun lalu.
Adapun Ebitda perseroan tercatat sebesar Rp3,727 triliun, turun 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini mewakili margin Ebitda sebesar 41 persen.
Editor: Jujuk Ernawati