Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Digitalisasi Operasional Bantu E-Commerce Tumbuh Lebih Tangguh, Ini Alasannya! 
Advertisement . Scroll to see content

Hasil Riset Snapcart: Perilaku Belanja Online selama Ramadan 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45:00 WIB
Hasil Riset Snapcart: Perilaku Belanja Online selama Ramadan 2022
Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama tiga bulan terakhir. (Foto: Ist)
Advertisement . Scroll to see content

Tren Perilaku Belanja Online selama Ramadan

Ramadan banyak mengubab kecenderungan perilaku sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada masa bulan puasa ini, menariknya justru banyak masyarakat Indonesia yang lebih aktif pada malam hari daripada siang hari. Perubahan perilaku ini juga terlihat dalam kebutuhan mereka dalam berbelanja online.

Hasil riset Snapcart menemukan 34 persen responden lebih suka berbelanja pada malam hari (antara pukul 18.00-24.00 WIB), diikuti 29 persen responden berbelanja pada siang hari (pukul 12.30-15.00), 15 persen responden suka berbelanja pas waktu ngabuburit (pukul 16.00-18.00 WIB) sambil menunggu waktu berbuka puasa, 14 persen responden mengaku lebih suka belanja pada pagi hari (pukul 09.00-11.00), dan 8 persen responden mengaku suka memanfaatkan waktu setelah sahur sambil menunggu subuh (pukul 03.00-06.00 WIB) untuk berbelanja online.

“Ini menarik. Dibandingkan pada bulan biasa, umumnya orang jarang belanja di malam hari,” kata Astrid.

Lantas tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadan 2022. Riset Snapcart menunjukkan, fashion dan aksesoris tetap menempati posisi paling tinggi 68 persen, diikuti sebanyak 49 persen responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan.

Kemudian, sebanyak 45 persen responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31 persen responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga. “Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu,” tutur Astrid.

Rangkaian Promo Menjadi Daya Tarik Utama di Program Ramadan

Dengan kebutuhan Ramadan yang beragam, promo menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh masyarakat. Melalui survey ini ditemukan 77 persen responden menjadi Rangkaian Promo Menarik menjadi hal yan paling dicari dalam program yang dihadirkan oleh pemain e-commerce pada bulan Ramadan.

“Potongan harga atau penawaran terbaik menjadi salah satu aspek yang menjadi daya tarik utama pada setiap program yang dihadirkan khususnya selama bulan Ramadan,” kata Astrid.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut