Hasil Survei Menunjukkan Shopee Masih Lebih Unggul Dibanding TikTok Shop

JAKARTA, iNews.id - Saat ini, Shopee masih tetap bertahan pada posisi utama dalam merajai pasar e-commerce di pertengahan 2023 meski banyaknya spekulasi terhadap performa pendatang baru, seperti TikTok Shop.
Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2020, pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan mencapai 53 miliar Dolar AS pada 2025 dengan CAGR sebesar 29 persen dari 2020 hingga 2025. Hal tersebut membuktikan bahwa Indonesia menjadi pasar yang sangat menjanjikan bagi platform belanja online.
Selain pemain utama e-commerce di Indonesia, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia, dalam dua tahun terakhir TikTok Shop sering disebut sebagai pendatang baru yang mulai bersaing di pasar e-commerce.
Seperti diketahui melalui SimilarWeb, kondisi pasar saat ini dapat disimpulkan bahwa Shopee masih tetap unggul di posisi pertama sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung tertinggi selama Mei 2023, yaitu sebanyak 161 juta pengunjung, jauh di atas Tokopedia yang meraih 106 juta pengunjung dan Lazada 70 juta pengunjung.
Selain itu, dari data AI juga menunjukkan bahwa sepanjang 2022, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor satu di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak, baik di Google Play atau Apple Store dan memiliki jumlah pengguna aktif bulanan terbesar.
Shopee selalu berhasil mendominasi kuat di peta persaingan e-commerce, apakah kehadiran TikTok Shop mampu mengubah dinamika persaingan e-commerce di Indonesia?
Keunggulan Shopee dibandingkan TikTok Shop Bagi Penjual
Penjual menjadi salah satu kunci penting bagi terciptanya ekosistem e-commerce yang terintegrasi dengan baik. Hadirnya sebuah wadah bukan hanya menjadi ruang berjualan, tetapi juga ruang yang mendukung untuk tumbuh bersama menjadi salah satu fokus utama para pemain e-commerce.
Seperti yang diketahui, kuartal pertama 2023 meliputi momentum Ramadan, periode di mana aktivitas belanja online masyarakat cenderung sangat tinggi. Sehingga, periode ini menjadi ruang bagi para pemain e-commerce untuk menghadirkan program kampanye atau inovasi yang dapat memberikan peluang lebih besar bagi para penjual yang bergabung.