Hasil Survei Menunjukkan Shopee Masih Lebih Unggul Dibanding TikTok Shop
Maka saat mempertimbangkan seluruh aspek yang dicari, ditemukan bahwa fitur live shopping dari Shopee lebih unggul dibandingkan dengan TikTok Shop.
Hal ini dibuktikan oleh survei yang dilakukan Populix melalui laporan terbaru berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang menilik perilaku dan sikap pengguna saat menggunakan fitur live streaming dan menyimpulkan bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming paling sering digunakan untuk belanja online, jauh melampaui pesaing terdekatnya.
Dari hasil survei terlihat 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tentu hal tersebut menjadikan Shopee lebih unggul dari para pesaingnya, seperti TikTok Live yang mendapat angka 25 persen.
Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live sebagai pemain baru mendapatkan 30 persen suara.
Riset populix juga mengungkapkan bahwa kecenderungan saat live shopping tidak jauh berbeda dari berbelanja seperti biasanya yang sangat dipengaruhi oleh tahapan perjalanan. Diketahui ada dua elemen yang dianggap paling penting, yaitu penawaran menarik yang tergabung dari gratis ongkir, diskon, promo spesial dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas.
Dari riset ini juga diketahui bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85 persen), kecantikan, perawatan, dan kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari/FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), serta ibu dan anak atau kebutuhan bayi (16 persen).
Guna melengkapi temuan tingginya animo masyarakat menggunakan fitur live shopping untuk membeli produk fashion dan kecantikan, Populix pun menemukan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori fashion dan kecantikan.
Dalam kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden yang membuat TikTok Live sebagai pemain baru belum mampu mengimbangi dengan hasil 44 persen. Sama halnya untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, lebih tinggi di atas TikTok Live (51 persen).
Hal ini sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai, di mana Shopee Live menjadi pilihan utama responden (66 persen) dan TikTok Live (28 persen).
Shopee masih terus mempertahankan posisinya sebagai platform e-commerce pilihan, baik dari segi penjualan dan pembeli. Hal tersebut berhasil didapat karena Shopee terus mempelajari perilaku berbelanja masyarakat, serta terus melakukan inovasi untuk melengkapi pengalaman belanja penggunanya.
Apakah kehadiran TikTok Shop sebagai pemain baru dalam persaingan e-commerce dapat menggeser posisi Shopee? Tentunya persaingan antar e-commerce ini sangat menarik untuk diperhatikan ke depannya.
Editor: Rizqa Leony Putri