Hidup Kaya di Hari Tua, Ini yang Perlu Dipersiapkan

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 05:15 WIB
Hidup Kaya di Hari Tua, Ini yang Perlu Dipersiapkan

Banyak orang bercita-cita ingin menjadi jutawan di usia muda atau pensiun dengan tenang saat memasuki usia 56 tahun. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Banyak orang bercita-cita ingin menjadi jutawan di usia muda atau pensiun saat memasuki usia 56 tahun. Tapi, dalam mencapai tujuan tersebut Anda harus menyiapkan berbagai rencana.

Apa yang harus dilakukan agar hidup kaya di hari tua? Berikut tahapan yang perlu Anda lakukan sebelum mencapai tujuan, seperti dilansir dari Forbes.

1. Kumpulkan Modal

Usia 20 tahun merupakan waktu yang tepat mengumpulkan modal dengan cara menabung. Pada usia tersebut kamu harus sering mengumpulkan uang, minimal setengah dari uang bulanan yang diberikan orang tua atau gaji selama satu bulan jika kamu sudah memiliki pekerjaan.

2. Lunasi Utang

Ada beberapa cara agar bisa melunasi utang. Salah satunya dengan metode bola salju. Dalam metode ini, kamu bisa membuat daftar utang dari urutan terkecil hingga terbesar.

Pada utang terkecil, kamu bisa membayar sebanyak mungkin hingga lunas. Kemudian, kamu akan mengulangi prosesnya dengan utang berikutnya.

Kamu tidak perlu melunasi semua utang di usia 20-30 tahun, tetapi sebaiknya kamu sudah menyusun strategi untuk melunasi utang di usia 20 tahunan.

3. Menabung untuk Pensiun

Jika di usia 30 tahun kamu sudah bekerja, lebih baik memikirkan dana pensiun dari sekarang. Kamu bisa menabung uang untuk pensiun di bank, atau mengikuti program asuransi. Semakin cepat kamu menabung, maka uang pensiunmu semakin cepat terkumpul.

4. Mulailah Berinvestasi

Cara terakhir yang harus kamu tempuh untuk mencapai tujuan kaya di hari tua adalah berinvestasi. Pada zaman milenial ini investasi saham berbasis online sedang banyak diminati di kalangan masyarakat khususnya di rentang usia 30-40 tahun.

Investasi dapat membantu dalam mengumpulkan uang. Semakin banyak berinvestasi maka akan mempercepat tujuan. Namun, sebelum berinvestasi ada baiknya memahami dulu cara yang benar dalam berinvestasi. Ini bisa dilakukan dengan bertanya kepada teman kantor, sahabat, atau orang yang sudah berpengalaman.

Editor : Dani Dahwilani