Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : BNI Raih Dua Penghargaan BI Awards 2025, Perkuat Peran dalam Stabilitas Sistem Keuangan
Advertisement . Scroll to see content

HUT ke-76, BNI Perkuat Komitmen sebagai Bank Global Asal Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:45:00 WIB
HUT ke-76, BNI Perkuat Komitmen sebagai Bank Global Asal Indonesia
HUT ke-76, BNI perkuat komitmen sebagai bank global asal Indonesia.
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI (BBNI) memperkuat komitmen sebagai bank global asal Indonesia bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76. Komitmen tersebut sejalan dengan raihan kinerja positif global banking services serta rencana strategis untuk terus meningkatkan eksistensi di level internasional.

Sejak awal Januari hingga Mei 2022, BNI berhasil mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor yang sangat baik, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 30,62 persen. Sementara itu, total kredit cabang luar negeri tercatat 3,9 miliar dolar AS, naik 18 persen secara tahunan. 

Komisaris Utama BNI Agus Dermawan Wintarto Martowardojo mengatakan, BNI sejak awal telah didesain sebagai bank di Indonesia yang berjaringan internasional serta berkapasitas global.

"Tujuh puluh enam tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 5 Juli 1946 di tengah berkobarnya api perjuangan mempertahankan kemerdekaan, pemerintah telah mendirikan Bank Negara Indonesia sebagai bank sirkulasi atau bank sentral milik negara Republik Indonesia," kata dia, dalam keterangannya, Selasa (5/7/2022). 

Dia menuturkan, sejak 1955, BNI beroperasi sebagai bank komersial dan langsung mengambil peran sebagai bank kapabilitas global dengan membuka cabang luar negeri pertamanya di Singapura. Kemudian dilanjutkan denga membuka kantor perwakilan di Tokyo Jepang pada 1959, dan 1963 dibuka BNI cabang Hong Kong.

”Selamat ulang tahun ke-76 Bank Negara Indonesia. Hari ini pun adalah salah satu catatan sejarah yang patut kita banggakan,” ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, BNI telah berkelana ke berbagai negara untuk membantu mitra mengembangkan bisnis ke level yang lebih tinggi. 

"Tentunya, perseroan akan lebih gencar lagi dalam membantu nasabah menemukan potensi pertumbuhan yang lebih kuat melalui berbagai jaringan sekaligus solusi perbankan yang miliki," ucapnya. 

Menurut dia, 76 tahun ini merupakan ajang pembuktian BNI sebagai lembaga keuangan yang agile, mampu beradaptasi kala dihadapkan pada tantangan-tantangan baru, yang sejatinya jika dimanfaatkan dengan baik dapat menjadi peluang untuk meraih kesuksesan.

“Dalam perayaan HUT ke-76 BNI tahun ini, kami mengangkat tema ‘BNI for Stronger Indonesia’ yang maknanya menggambarkan perjalanan BNI berkarya untuk Indonesia dalam mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi agar BNI dapat melompat lebih tinggi, menjadikan BNI lebih kuat dan tumbuh secara berkelanjutan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Royke juga memaparkan, BNI belum lami telah membuka kantor cabang di Amsterdam, Belanda untuk membantu penetrasi pasar ekspor di beberapa negara di kawasan Eropa. 

“Untuk semakin memperluas jaringan dalam upaya kami menjaring potensi-potensi luar negeri, kami masih memiliki rencana pembukaan cabang lagi ke depannya,” katanya. 

Untuk mendukung berbagai langkah strategis tersebut, BNI memiliki 3 produk champion. Pertama, BNI Mobile Banking. BNI terus memperluas layanan dengan memanfaatkan ekosistem BNI Group, retailer, dan Global Mitra khususnya dalam menjawab permintaan pelanggan di era digital modern ini zaman perbankan. 

Kedua, BNI memiliki program BNI Xpora. BUMN ini fokus mendorong kenaikan kelas pelaku UMKM dengan cara memanfaatkan berbagai kesempatan ekspor ke luar pasar global. BNI membangun basis bisnis yang kuat pula di luar negeri dengan mengoptimalkan segmen diaspora yang telah menjadi agen promotor Indonesia di luar negeri. 

Ketiga, BNI memiliki Corporate Digital Services. Salah satunya BNIDirect yang mengintegrasikan solusi bisnis dan tata kelola keuangan nasabah termasuk solusi bisnis internasional banking. 

Target nasabah dari layanan ini, antara lain nasabah korporasi, komersial dan usaha kecil maupun rintisan termasuk pebisnis luar negeri yang memiliki bisnis partner di Indonesia, pebisnis Indonesia yang jangkauan usahanya di luar negeri dan/atau memiliki group usaha di luar negeri, perwakilan pemerintah Indonesia yang ada di luar negeri serta para diaspora Indonesia. 

"Khusus untuk BNIDirect, kami akan melakukan launching BNIDirect Overseas London dan CxO Dashboard (layanan informasi keuangan yang terkonsolidasi baik asset, liquidity maupun liabilities perusahaan beserta group usahanya di dalam negeri dan luar negeri)," tuturnya.

Editor: Jujuk Ernawati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut