IMF Perkirakan Bakal Banyak Negara Bangkrut, Erick Thohir: Kita Mesti Waspada

Suparjo Ramalan ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 17:15:00 WIB
IMF Perkirakan Bakal Banyak Negara Bangkrut, Erick Thohir: Kita Mesti Waspada
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Indonesia harus waspada terhadap dampak resesi ekonomi global. Pasalnya, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan, banyak negara terancam bangkrut pada 2023 mendatang. 

Menurutnya, resesi ekonomi global akan berdampak signifikan bagi ekonomi di banyak negara, termasuk Indonesia. Pada skala ekstrem dampak resesi membuat banyak negara di dunia mengalami kebangkrutan. Dia menuturkan, konsolidasi ekonomi di dalam negeri harus kuat, namun tetap memperhitungkan dampak ekonomi global sebagai faktor eksternal. Salah satu yang harus dilakukan Indonesia dengan memperkuat supply chain atau rantai pasok di segala sektor. 

"Ketika konsolidasi di dalam negeri kuat, eksternal fighter kita harus diperhitungkan karena ini kan supply chain, rantai pasok. Nah, ini kita mesti waspada, terlepas di tahun ini kita lihat bagus, 2023 kita harus waspada," kata Erick, Senin (15/8/2022).

Pemerintah sebelumnya optimistis Indonesia mampu bertahan di tengah tekanan resesi dunia. Pasalnya, beberapa indikator ekonomi terus menunjukkan tren positif dengan berbagai kebijakan penting yang diambil pemerintah.

Krisis ekonomi global semakin nyata terlihat. Apa yang terjadi dengan Sri Lanka yang tak mampu membayar kewajiban obligasi (surat utang) di tahun ini menjadi salah satu buktinya. Negara yang terletak di kawasan Asia Selatan itu masuk dalam krisis ekonomi yang parah dan dinyatakan bangkrut. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda