Inggris Sanksi Oligarki Rusia Vladimir Potanin, Ini Alasannya

Aditya Pratama ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 08:54:00 WIB
Inggris Sanksi Oligarki Rusia Vladimir Potanin, Ini Alasannya
Pemerintah Inggris menjatuhkan sanksi terhadap oligarki Rusia, Vladimir Potanin. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Pemerintah Inggris menjatuhkan sanksi terhadap oligarki Rusia, Vladimir Potanin. Sanksi terhadap orang terkaya Rusia dan presiden MMC Norilsk Nickel PJSC itu merupakan eskalasi terbaru terkait perang Rusia di Ukraina. 

Dalam siaran pers, Kantor Luar Negeri, Persemakmuran & Pembangunan Inggris mengatakan bahwa Potanin terus mengumpulkan kekayaan saat dia mendukung rezim Vladimir Putin, mengakuisisi Rosbank, dan saham di Tinkoff Bank pada periode sejak invasi Rusia ke Ukraina.

"Potanin mendapatkan manfaat dari atau mendukung Pemerintah Rusia dengan memiliki atau mengendalikan Rosbank," tulis keterangan pemerintah Inggris dikutip dari Bloomberg, Kamis (30/6/2022).

Potanin memiliki harta kekayaan sebesar 37,1 miliar dolar AS atau setara Rp551,67 triliun, menurut Bloomberg Billionaires Index. Potanin diketahui sampai saat ini menghindari sanksi barat yang telah dikenakan pada anggota elit Rusia lainnya. Sebelumnya, dia telah diberi sanksi oleh Kanada pada bulan April lalu.

Tidak jelas apakah sanksi terhadap Potanin akan meluas ke Nornickel, yang merupakan salah satu produsen nikel, paladium, dan tembaga terbesar di dunia. Potanin merupakan eksekutif puncak perusahaan dan memiliki lebih dari 30 persen saham melalui perusahaan investasinya Interros.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, Potanin telah membeli beberapa bank swasta utama Rusia, termasuk membeli Rosbank PJSC dari Societe Generale SA. Dia juga membeli saham di Tinkoff Bank dari pendiri Oleg Tinkov, yang mengaku terpaksa menjual setelah mengkritik perang.

Sanksi pemerintah Inggris terhadap individu secara otomatis meluas ke perusahaan mana pun yang mereka miliki atau kendalikan.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda