Ini 3 Platform E-Commerce yang Dimanfaatkan Kemendag untuk Tingkatkan Ekspor UMKM
JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) membeberkan sejumlah e-commerce yang dimanfaatkan untuk mendorong ekspor UMKM memasuki pasar global. Salah satunya, dengan memanfaatkan platform digital yang dikelola perwakilan dagang Indonesia di luar negeri.
Hal itu, diungkapkan Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) Kemendag, Ni Made Ayu Marthini, dalam lokakarya kepada pelaku usaha ekspor untuk memaksimalkan pemanfaatan e-commerce, beberapa waktu lalu.
Menurut dia, secara umum potensi ekspor UKM Indonesia masih didominasi oleh produk-produk seperti aksesori, batik, kriya, fesyen, serta makanan dan minuman olahan.
Terkait dengan itu, ada tiga platform e-commerce yang dimanfaatkan Kemendag untuk meningkatkan ekspor UMKM, yakni IDNStore, Indomatjar, dan Goorita.com.
Ditjen PEN Kemendag melaksanakan sosialisasi dan lokakarya secara reguler untuk memanfaatkan platform digital sebagai sarana ekspor promosi ekspor sehingga dapat menjangkau para pelaku ekspor secara luas.