Ini 4 Milenial Pilihan Erick Thohir yang Duduk di Direksi dan Komisaris BUMN

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 19:35 WIB
Ini 4 Milenial Pilihan Erick Thohir yang Duduk di Direksi dan Komisaris BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut, anak-anak muda akan mengisi jajaran direksi dan komisaris perusahaan pelat merah. Dia berkomitmen sedikitnya 5 persen manajemen BUMN diisi generasi milenial.

Erick mengatakan, keputusan menarik anak-anak muda bukan sekadar gaya-gayaan atau 'lip service' semata. Menurut dia, milenial perlu diberikan kesempatan karena masa depan BUMN ada di tangan mereka.

"Kami di jajaran BUMN tidak segan-segan ya, sudah committed bahwa secara bertahap ke depan jumlah komisaris direksi yang ada di BUMN termasuk level manajernya minimum 5 persen dan ini kita harapkan bukan hanya sebagai 'lip service' tapi sebagai komitmen," ujar Erick, dikutip Sabtu (1/8/2020).

Langkah Erick mendorong milenial untuk mengisi posisi strategis di BUMN bukan tanpa alasan karena milenial merupakan agen penggerak dan perubahan BUMN. Diharapkan, perusahaan pelat merah mampu bersaing dalam pasar baik nasional maupun global.

Berikut milenial pilihan Erick Thohir yang sudah duduk di kursi direksi dan komisaris BUMN.

1. Septian Hario Seto

Septian Hario Seto kelahiran 1984 dan kini masih berusia 36 tahun. Septian memperoleh gelar S1 Jurusan Akuntansi dari Universitas Indonesia, Sarjana (S2) Jurusan International Finance dari SKEMA Business School.

Sebelum menjabat komisaris BNI, dia pernah menjabat sebagai staf khusus Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan pada 2019 lalu. Septian juga pernah bekerja di Toba Bara Sejahtera sebagai Corporate Finance Manager selama delapan bulan.

Dia juga pernah bekerja di PricewaterhouseCoopers pada 2006-2007 sebagai Associate Auditor in Energy and Mining Division. Pada Februari 2020 lalu, Bank BNI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang mengangkat Septian sebagai komisaris Independen di Bank BNI.

2. Fadli Rahman

Kursi komisaris PT Pertamina Hulu Energi kini dipercayakan pada Fadli Rahman. Di antara pejabat Pertamina Hulu Energi, Fadli yang mencuri perhatian. Di usianya yang baru 33 tahun, dia masuk dalam jajaran Dewan Komisaris Pertamina Hulu Energi. Fadli merupakan pria kelahiran Jakarta, 5 Juli 1986.

Pada 2007, dia berhasil meraih gelar Bachelor of Science di ITB. Kemudian, dia melanjutkan studinya dan berhasil menyabet gelar di bidang

Ekonomi Mineral dan Energi Colorado School of Mines (CSM) pada 2013 (gelar M.S) dan (gelar Ph.D) 2016.

Pada 2016, dia pernah bekerja menjadi Principal di Boston Consulting Group dari tahun 2016, milenial 33 tahun ini juga dipercaya sebagai Senior Field Engineer di Schlumberger tahun 2008 - 2011 dan Reservoir Engineer di Conoco Phillips pada tahun 2007-2008.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua