Ini Aset Negara Termahal, Nilainya hingga Rp348 Triliun

Viola Triamanda ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 17:12:00 WIB
Ini Aset Negara Termahal, Nilainya hingga Rp348 Triliun
Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kekayaan Negara menyatakan aset negara termahal adalah komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. 

Menurut Direktur Barang Milik Negara (BMN) Ditjen Kekayaan Negara Kemenkeu, Encep Sudarwan, nilai aset kawasan GBK Senayan mencapai Rp348 triliun.

"Nilai aset kawasan GBK Senayan sekitar 3,3 persen dari total aset negara yang saat ini berkisar Rp10.467,53 triliun. Jadi nilai asetnya tertinggi di Indonesia karena lokasinya yang di pusat kota," kata Encep, dalam diskusi virtual mengenai barang milik negara.

Dia menjelaskan, nilai aset tanah komplek Stadion Utama GBK yang berlokasikan di Senayan, Jakarta, mencapai angka Rp345 triliun. Sedangkan nilai aset bangunannya mencapai Rp3 triliun. Sehingga, total asetnya mencapai Rp348 triliun. 

Seperti diketahui, kawasan Stadion Utama GBK direnovasi tepat sebelum Asian Game ke-18, dimana pada saat itu Indonesia kembali terpilih menjadi tuan rumah setelah 56 tahun. 

Perbaikan Stadion Utama GBK menghabiskan biaya APBN hingga 2,03 triliun rupiah. Dan hasilnya menjadikan GBK diakui sebagai stadion olahraga dengan fasilitas terbaik di Asia.

Dikutip dari beberapa sumber, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, juga pernah menyatakan bahwa Stadion Utama GBK adalah aset negara yang tidak hanya mengandung sejarah perjuangan, namun selamanya akan menjadi api energi yang menyalakan semangat juang bangsa dalam meraihcita-citanya. 

"Mari jaga aset negara, karena ini milik rakyat Indonesia!" kata Sri Mulyani.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: