Ini Berbagai Fasilitas Pinjaman Bank BJB untuk Individu, Lebih Mudah dan Beragam

Rizqa Leony Putri ยท Sabtu, 22 Januari 2022 - 13:07:00 WIB
Ini Berbagai Fasilitas Pinjaman Bank BJB untuk Individu, Lebih Mudah dan Beragam
Bank BJB memiliki banyak skema pembiayaan untuk nasabah individu. (Foto: dok Bank BJB)

BANDUNG, iNews.id - Pertumbuhan ekonomi pada tahun ini diprediksi bakal lebih baik setelah diterpa pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu. Banyak pihak menyebut tahun ini adalah momentum pelaku usaha, bisnis, dan individu bangkit dan maju.

 

Namun, untuk meraih momentum ini tidaklah mudah. Perlu kesiapan dari sisi pendanaan dan lainnya. Pendanaan atau modal, tentu saja menjadi elemen krusial bagi individu yang akan kembali bangkit. Tanpa sokongan keuangan, akan sulit untuk meraih target.

 

Bagi Anda nasabah perseorangan atau individu yang membutuhkan pendanaan, tak perlu khawatir. Karena Bank BJB memiliki banyak skema pembiayaan untuk nasabah individu. Mulai dari skema pembiayaan untuk usaha, perumahan, hingga pembiayaan konsumer lainnya.

 

Pertama, bjb KPR. Keinginan memiliki rumah idaman akan terwujud karena bank bjb hadir dengan beragam produk dan kemudahan fasilitas pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (bjb KPR). Produk yang ditawarkan neliputi pembiayaan kepemilikan properti/ properti usaha pembelian baru atau second. Selain itu, tersedia pembiayaan untuk Refinancing/Multiguna, Take Over-XTRA, Top Up, dan membangun.

 

Untuk KPR, bank bjb memiliki berbagai produk. bjb KPR misalnya menawarkan pinjaman untuk pembelian rumah, multiguna, take over, dan top up. Kemudian bjb KPR Flexi khusus untuk yang membutuhkan flexibilitas dalam perencanaan keuangan.

 

Ada pula bjb KPR Sejahtera FLPP (KPR Bersubsidi), bjb KPR Gaul yang dirancang special buat kamu anak muda generasi millenial, dan bjb KPR Lelang untuk kepemilikan rumah melalui lelang.

Kedua, bjb Kredit Pra Purna Bhakti. bjb KPPB adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh bank untuk Calon Debitur/Debitur berpenghasilan tetap yang akan memasuki usia pensiun dengan jangka waktu kredit dapat melintasi usia pensiun.

 

Maksimal jangka waktu kredit adalah 20 Tahun dengan maksimum pengajuan kredit 10 tahun sebelum pensiun dan usia jatuh tempo kredit maksimal pada 75 Tahun.

Ketiga, bjb Kredit Purna Bhakti (KPB).  bjb KPB merupakan fasilitas kredit yang diberikan oleh bank untuk calon debitur/debitur dengan status pensiun sendiri atau pensiun sendiri atau pensiun janda/duda yang pensiun bulanannya telah disalurkan melalui bank atau kantor bayar lainnya dimana sumber pengembaliannya berasal dari pensiun bulanan. Jangka waktu kredit maksimal 15 tahun pensiun sendiri ataupun pensiun janda/duda.

Keempat, bjb Kredit Guna Bhakti. Pembiayaan ini adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh bank untuk calon debitur/debitur berpenghasilan tetap yang gajinya telah maupun belum disalurkan melalui bank. Fasilitas kredit bjb KGB digunakan untuk keperluan konsumtif multiguna dengan tiga Pola. Jangka waktu kredit maksimal 25 Tahun, tergantung dari Kerjasama Dinas/Instansi Calon Debitur/Debitur bekerja.

Kelima, bjb Kredit Mikro Utama. Kredit Mikro Utama adalah fasilitas pinjaman dari bank bjb yang diberikan kepada pelaku usaha berskala mikro kecil dan menengah (UMKM) baik perorangan maupun badan usaha yang telah menjalankan usahanya selama minimal dua tahun dengan plafon pinjaman maksimal Rp500.000.000.

Keunggulan produk Pinjaman Mikro Utama yaitu suku bunga bersaing, persyaratan yang mudah serta jangka waktu pinjaman dan cara pembayaran yang lebih fleksibel. Sarannya adalah pengusaha/pedagang/wirausaha perorangan atau badan usaha (PT/CV) /Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang memenuhi kriteria usaha mikro, kecil dan menengah. Serta pelaku usaha produktif yang telah menjalankan usaha minimal dua tahun.

Keenam, bjb Back to Back Loan. bjb BTB kredit yang diberikan oleh Bank yang jaminannya berupa Agunan Kas, dimana apabila Debitur melakukan wanprestasi maka Agunan Kas yang dijaminkan akan dicairkan untuk melunasi seluruh kewajiban Debitur terhadap Bank. Ada dua skema, yaitu Pola Pengembalian Sekaligus dan Pola Pengembalian Angsuran yang akan menentukan tenor pinjaman antara 24 hingga 60 bulan.

Ketujuh, Kredit Usaha Rakyat (KUR). Adalah fasilitas pinjaman dari bank bjb yang diberikan kepada pelaku usaha baik perorangan, badan usaha atau Kelompok Usaha dengan skala mikro kecil dan menengah , yang telah menjalankan usahanya minimal 6 bulan, dengan plafon maksimal Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah). Keunggulan produk Pinjaman Usaha Rakyat (KUR) adalah suku bunga ringan dan bebas biaya provisi.

Kedelapan, bjb Mesra. bjb mesra adalah fasilitas pinjaman yang diberikan bank bjb kepada pelaku usaha mikro perorangan yang belum bankable dengan plafon maksimal Rp5.000.000,-. Keunggulan produk bjb mesra adalah bunga 0 persen, tanpa agunan dan bebas biaya provisi.

Sasaran dan tujuan kredit adalah Jamaah dan masyarakat di sekitar rumah ibadah, yang sudah memiliki usaha mikro atau yang akan menjalankan usaha mikro namun belum bankable terutama untuk masyarakat prasejahtera. Tujuan kredit untuk modal kerja dan investasi. 

Kesembilan, bjb Kredit Usaha Bhakti. 

Pembiayaan yang ditujukan untuk keperluan produktif yang diberikan oleh bank bjb untuk Nasabah yang memiliki usaha maupun penghasilan lainnya, serta gaji Debitur sebagai pegawai harus telah disalurkan melalui bank bjb.

Kesepuluh, bjb Kredit Usaha Kecil Menengah. Merupakan fasilitas pinjaman dari bank bjb yang diberikan kepada pelaku UMKM baik perorangan maupun badan usaha yang telah menjalankan usahanya selama minimal tiga tahun, dengan plafon pinjaman di atas Rp500.000.000 sampai dengan maksimal Rp2.000.000.000.

Keunggulan produk KUKM adalah suku bunga bersaing dan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel. Sasaran debitur adalah pengusaha/pedagang/wirausaha perorangan atau badan usaha (PT/CV) yang memenuhi kriteria usaha kecil dan menengah, serta pelaku usaha produktif yang telah menjalankan usaha minimal tiga tahun.

 

(CM)

Editor : Rizqa Leony Putri

Bagikan Artikel: