Ini Kronologi Sertifikat Rumah Ibu Dino Patti Djalal Berganti Nama di BPN

Giri Hartomo ยท Kamis, 11 Februari 2021 - 17:50:00 WIB
Ini Kronologi Sertifikat Rumah Ibu Dino Patti Djalal Berganti Nama di BPN
Penasihat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dino Patti Djalal tengah menghadapi masalah pemalsuan sertifikat tanah. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Penasihat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dino Patti Djalal tengah menghadapi masalah sengketa tanah. Tanpa sepengetahuan pemilik, sertifikat rumah milik ibunya di Antasari, Jakarta Selatan tiba-tiba berganti nama di Badan Pertanahan Negara (BPN).

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil mengakui ada perubahan nama pada serifikat rumah ibu Dino. Perubahan itu memenuhi prosedur yang disyaratkan oleh BPN.

"Dari segi administrasi hukum tanah, kelihatannya semuanya oke, semua persyaratan ada, ada AJB (akta jual beli), kemudian ada pengecekan di cek ke kantor BPN," katanya saat jumpa pers, Kamis (11/2/2021).

Sofyan mengamini pernyataan Dino sebelumnya yang mana ibunda tak mendatangi kantor BPN. Proses pindah tangan itu, kata dia, dilakukan orang lain.

Dia mengatakan, teori pelaku menggunakan KTP palsu sangat mungkin terjadi karena saat itu KTP yang diduplikat dan diserahkan ke BPN belum elektronik (eKTP). Dengan demikian, saat itu sulit bagi BPN untuk melacak datanya.

"BPN tidak bisa mengetahui bahwa akta jual beli itu adalah orang yang tidak berhak, karena menurut berita yang kita dengar telah terjadi pemalsuan KTP," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: