Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Tiket Kereta dari Jakarta Masih Tersedia hingga awal Januari 2026, Awas Kehabisan!
Advertisement . Scroll to see content

Ini Rekomendasi KNKT ke KAI dan DJKA terkait Tabrakan Kereta di Cicalengka Bandung

Jumat, 16 Februari 2024 - 19:29:00 WIB
Ini Rekomendasi KNKT ke KAI dan DJKA terkait Tabrakan Kereta di Cicalengka Bandung
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono. (Foto: Iqbal Dwi Purnama)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, insiden tabrakan kereta yang melibatkan Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya disebabkan adanya perbedaan sistem elektrik dan manual antara kedua stasiun. Adapun, Stasiun Cicalengka masih menggunakan peralatan mekanik atau analog, sedangkan Stasiun Haurpugur sudah menggunakan sistem digital. 

"Karena di Haurpugur itu elektrik, supaya masih bisa beroperasi antara yang mekanik dan elektrik maka yang Cicalengka dipasang yang namanya interface, supaya informasi yang berupa mekanik atau analog dirubah menjadi digital," ujar Soerjanto dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Oleh sebab itu, Soerjanto menjelaskan bahwa KNKT telah memberikan beberapa rekomendasi kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI agar menyusun prosedur terkait pelayanan peralatan persinyalan yang menggunakan sistem interface yang menghubungkan persinyalan mekanik dengan persinyalan elektrik. 

Selain itu, KNKT meminta KAI untuk memastikan terlaksananya sistem pelaporan potensi bahaya dan setiap potensi bahaya yang telah diidentifikasi telah dikomunikasikan kepada SDM operasional pelayanan perjalanan kereta api sebagai bagian dari penerapan Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) Perkeretaapian.

"Jadi memang semua ini ada faktor manusia, istilah dikami adalah human factor, kontribusi manusia, memang ada tetapi disini peralatan di Cicalengka merupakan peralatan mekanik yang memang sudah tua, tapi disitu mau diganti," tuturnya.

Guna meningkatkan keselamatan perkeretaapian di Indonesia dan mencegah kecelakaan serupa di masa mendatang, KNKT juga menerbitkan rekomendasi diperuntukkan kepada Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) agar memastikan keandalan sistem interface yang menghubungkan persinyalan mekanik dengan persinyalan elektrik. 

Kedua, memastikan tersedianya prosedur terkait pelayanan peralatan persinyalan yang menggunakan sistem interface yang menghubungkan persinyalan mekanik dengan persinyalan elektrik. 

Ketiga, meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan sistem manajemen keselamatan perkeretaapian khususnya terkait sistem pelaporan potensi bahaya serta penilaian dan pengendalian risiko.

KNKT menyimpulkan kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya ini terjadi akibat adanya sinyal yang dikirim sistem interface tanpa perintah peralatan persinyalan blok mekanik (uncommanded signal) Stasiun Cicalengka yang terproses oleh sistem persinyalan blok elektrik Stasiun Haurpugur. Uncommanded signal tersebut kemudian ditampilkan pada layar monitor Stasiun Haurpugur sebagai indikasi seolah-olah telah diberi 'Blok Aman' oleh Stasiun Cicalengka. 

"Hal ini berdampak pada proses pengambilan keputusan selanjutnya untuk pelayanan KA dari masing-masing stasiun," tuturnya. 

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut