Ini Terobosan Mendag Zulhas untuk Urai Persoalan TBS Sawit 

Advenia Elisabeth · Kamis, 21 Juli 2022 - 12:34:00 WIB
Ini Terobosan Mendag Zulhas untuk Urai Persoalan TBS Sawit 
Mendag Zulkifli Hasan saat berdiskusi dengan perwakilan Apkasindo Kalimantan Timur di pabrik PT Kutai Refienery Nusantara di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (20/7/2022). (Foto: Biro Humas Kemendag)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memiliki langkah terobosan untuk meretas persoalan tandan buah segar (TBS) sawit yang meluap. Dia menyebut, pemerintah akan mengembangkan teknologi sederhana pengolahan minyak goreng curah

Hal ini disampaikan Mendag Zulhas saat berdiskusi dengan perwakilan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kalimantan Timur di pabrik PT Kutai Refienery Nusantara di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (20/7/2022). 

"Kita sedang membuat proyek percontohan pemurnian sederhana dengan hasil minyak goreng curah merah yang dijalankan koperasi. Kalau berhasil, ini akan menyerap hasil petani sawit," ujar Zulhas, dalam keterangannya, dikutip, Kamis (21/7/2022).

Dia menilai, untuk mengurai permasalahan harga TBS sawit adalah dengan meningkatkan ekspor CPO. Kuncinya, perusahaan eksportir harus dapat menyerap hasil petani sawit.

"Kalau tangki kosong, perusahan akan kembali membeli TBS. Namun perlu waktu untuk harga TBS dapat stabil kembali," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda