Investasi Rp23 Triliun di Tokopedia, Ini 5 Program TikTok untuk UMKM
JAKARTA, iNews.id - TikTok resmi bekerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dengan komitmen investasi senilai Rp23 triliun di Tokopedia. Melalui kemitraan strategis itu, TikTok menjanjikan dukungan kepada UMKM.
Manajemen TikTok melalui keterangan resmi, menyatakan berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce Tokopedia, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.
"Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90 persen merchant merupakan pelaku UMKM," tulis TikTok dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (12/12/2023).
Tak hanya itu, TikTok juga menyiapkan 5 program berkolaborasi dengan GOTO untuk mendukung UMKM, yaitu:
1. Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok.
2. Huluisasi UMKM atau mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumberdaya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan).
3. Memberikan dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang
4. Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional.
5. Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia dan yang terakhir memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.
Untuk memulai program ini, TikTok dan Tokopedia menggelar kampanye Beli Lokal yang mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia yang digelar bertepatan dengan Hari Belanja online Nasional (Harbolnas), Selasa (12/12/2023).
"Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka," tutur manajemen TikTok.
Editor: Jeanny Aipassa