Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Satu Dekade Shopee, Ciptakan Dampak bagi Ekosistem lewat Inovasi dan Kolaborasi
Advertisement . Scroll to see content

Investasi TikTok ke Tokopedia Berdampak Positif ke Bisnis UMKM, Apa Saja?

Senin, 11 Desember 2023 - 11:32:00 WIB
Investasi TikTok ke Tokopedia Berdampak Positif ke Bisnis UMKM, Apa Saja?
TikTok resmi berinvestasi di e-commerce Tokopedia dengan kembali menghadirkan operasional TikTok Shop di Indonesia. (Foto: dok iNews)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menyatakan investasi TikTok ke e-commerce Tokopedia berdampak positif ke bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Pada hari ini, Senin (11/12/2023), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok Indonesia mengumumkan kemitraan strategis e-commerce dengan masuknya TikTok Shopp di TokoPedia. 

Berdasarkan kemitraan tersebut, TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar Amerika Srrikat (AS) atau sekitar Rp23,421 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GOTO di Tokopedia. 

Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Edy Misero, mengatakan kemitraan ini dapat dicapai apabila kedua entitas mengutamakan produk lokal dan memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mencapai pasar global.

“Utamakan yang dijual produk lokal, hadirnya Tokopedia ini bisa menjadi benteng dari serbuan produk impor yang makin merajalela, memberikan fair competition dan bisa membuat gairah industri kecil dalam negeri,” kata Edy dalam keterangan, dikutip Senin (11/12/2023).

Menurut dia, kerja sama keduanya berpeluang meningkatkan pendapatan penjualan, mendongkrak daya beli dan meningkatkan lapangan kerja. Dengan kabar gabungnya TikTok dan Tokopedia maka pelaku UMKM berpeluang untuk kembali meningkatkan pendapatannya. 

“Saat penutupan aplikasi TikTok tidak sedikit pelaku UMKM yang merasa dirugikan karena pendapatannya menurun secara signifikan. Tidak hanya pelaku UMKM, tetapi juga berdampak pada karyawan di perusahaan ekspedisi yang memutuskan memberhentikan karyawannya lantaran sepi orderan,” ujar Edy.

Baginya kolaborasi ini bisa menyerap lapangan pekerjaan menyusul banyaknya kreator konten yang semakin meningkat. 

“Ini juga dipandang memberi kontribusi bagi pekerja ekspedisi. Hal itu bisa di lihat ketika resmi di tutup oleh pemerintah tidak sedikit bagi pekerja ekspedisi yang terdampak,” ungkap Edy.

Sebagai informasi, melalui kemitraan strategis yang terjalin, TikTok dan GoTo bakal memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Langkah ini juga didorong untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek. 

Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut