Isu Vaksin Covid-19 Dipasang Cip Pelacak, Bill Gates: Benar-Benar Bodoh

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 06 Juni 2020 - 10:25 WIB
Isu Vaksin Covid-19 Dipasang Cip Pelacak, Bill Gates: Benar-Benar Bodoh

Bill Gates. (Foto: AFP)

SAN FRANSISCO, iNews.id - Miliarder Bill Gates menjadi korban teori konspirasi seputar pandemi virus corona. Salah satu teori tak berdasar yang mengemuka yaitu vaksin Covid-19 yang disematkan cip untuk melacak aktivitas si pemakai.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (6/6/2020), Gates selama ini menjadi miliarder yang aktif mendanai pengembangan vaksin Covid-19. Dia mengaku kerap mendengar adanya teori konspirasi seputar vaksin.

"Hampir mustahil mencegah hal ini karena ini benar-benar bodoh atau aneh, sehingga menanggapinya hanya akan memberikan kredibilitas (pada teori tersebut)," kata Gates.

Sejak pandemi Covid-19, dia menjadi sasaran utama teori konspirasi. Berdasarkan survei Yahoo News dan YouGov yang dilakukan pada Mei 2020, 28 persen masyarakat Amerika percaya bahwa vaksin Covid-19 bakal ditanam cip kecil yang dapat melacak miliaran orang.

"Di satu sisi, ini sangat aneh sampai Anda hampir ingin melihatnya sebagai lelucon, tapi sebenarnya ini sangat tidak lucu," katanya.

Gates mengaku tidak habis pikir bagaimana microchip bisa ditanamkan pada vaksin. Menurut dia, pengambilan data kesehatan orang biasa dilakukan dengan rekam jejak medis. Dalam kasus di Afrika misalnya, ada data yang bisa mengetahui mana anak yang sudah divaksin campak atau belum.

"Jadi ada catatan kesehatan yang digunakan orang untuk melacak itu, tidak ada cip atau semacamnya," tuturnya.

Gates sedikit khawatir bila teori konspirasi tersebut bisa menyebar secara masif. Hal itu akan berbahaya karena akan mendorong orang untuk tidak mau disuntik vaksin yang ditujukan untuk mencegah penyakit.

Editor : Rahmat Fiansyah