Izin Investasi Perikanan Terus Dipermudah, Pembekuan Ikan Paling Diminati

Rina Anggraeni ยท Kamis, 29 Oktober 2020 - 08:12:00 WIB
Izin Investasi Perikanan Terus Dipermudah, Pembekuan Ikan Paling Diminati
Pembekuan ikan menjadi jenis usaha pengolahan yang banyak diminati oleh calon investor saat ini. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Investasi di sektor perikanan, terutama penanaman modal asing (PMA) meningkat. Peningkatan tersebut tidak terlepas dari semakin mudahnya akses berusaha yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti mengatakan, salah satunya soal sistem perizinan terintegrasi dari pusat dan daerah melalui one single submission (OSS) Surat Izin Usaha Pengolahan (SIUP).

"Pelayanan penerbitan SIUP Bidang Pengolahan Ikan melalui sistem OSS mendukung asas efektivitas dan transparansi karena pelayanan tidak dilakukan secara tatap muka dan tanpa dipungut biaya," katanya, Kamis (29/10/2020).

Hingga 20 Oktober, pemohon SIUP Bidang Pengolahan Ikan skala besar PMA berjumlah 66 perusahaan dengan total investasi Rp4,4 triliun. Izin ini terdiri atas investasi baru dan perluasan usaha Rp898 miliar dan investasi perpanjangan izin usaha Rp3,5 triliun.

"Seluruh investasi tersebut mampu menyerap tenaga kerja lokal lebih dari 16.300 orang. Sedangkan jenis usaha pengolahan ikan yang diminati oleh calon investor adalah usaha pembekuan ikan," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2