Jadi Dirut BIJB, Mantan Bos Angkasa Pura 2 Ditugasi Ramaikan Bandara Kertajati

Antara ยท Kamis, 19 Desember 2019 - 16:20 WIB
Jadi Dirut BIJB, Mantan Bos Angkasa Pura 2 Ditugasi Ramaikan Bandara Kertajati

Bandara Kertajati. (Foto: Ant)

BANDUNG, iNews.id - PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) menunjuk Salahuddin Rafi sebagai Direktur Utama. Dia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Teknik dan Pengembangan PT Angkasa Pura 2 (Persero).

Posisi dirut di BUMD Jabar yang mengelola Bandara Kertajati itu telah lama kosong setelah Virda Dimas Ekaputra dicopot pada akhir tahun lalu. Muhammad Singgih, Direktur Keuangan dan Umum BIJB merangkap jabatan sebagai Plt Dirut.

Penunjukan Rafi sebagai Dirut ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT BIJB. Pemprov Jabar selaku pemegang saham mayoritas meminta Rafi mengoptimalkan bandara di Majalengka tersebut.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, Rafi merupakan kandidat terbaik untuk mengisi posisi Dirut BIJB. Pemprov Jabar menggelar lelang jabatan untuk posisi tersebut. Sejumlah tugas menanti Rafi.

"Untuk jangka pendek, menyukseskan umrah dan haji yang sudah diputuskan oleh Kementerian Agama dan (Kementerian) Perhubungan. Kedua, maksimalkan promosi," kata Kang Emil di Bandung, Kamis (19/12/2019).

Saat ini, jumlah penumpang Bandara Kertajati perlu digenjot sambil menunggu selesainya akses tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) menuju bandara rampung. Kang Emil yakin bandara ini bakal ramai ke depannya.

"Kami memahami BIJB adalah sebuah entitas bisnis yang akan indah pada waktunya, karena Cisumdawu belum tembus, kita memaklumi. Kalau sudah tembus akan jadi perusahaan yang luar biasa," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah