Jadi Hub Internasional, Bandara Kualanamu Diharapkan Saingi Changi dan KLIA

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 14:45:00 WIB
Jadi Hub Internasional, Bandara Kualanamu Diharapkan Saingi Changi dan KLIA
Jadi hub internasional, Bandara Kualanamu diharapkan saingi Changi dan KLIA. Foto: AP II

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara (Sumut) bisa menyaingi dominasi Bandara Changi Singapura dan Bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) Malaysia. Karena itu, upaya yang dilakukan dengan menjadikan Kualanamu sebagai hub internasional di Barat Indonesia. 

Erick menilai dengan menjadikan Bandara Kualanamu sebagai gerbang dunia internasional, maka potensi mengenali Indonesia melalui pintu Sumatera bisa dilakukan. Pemerintah pun melalui PT Angkasa Pura II (AP II) menggandeng GMR Airports Consortium sebagai mitra strategis dalam pengembangan Bandara Kualanamu. 

GMR Airports Consortium merupakan Strategic Investor yang dimiliki GMR Group asal India dan Aéroports de Paris Group (ADP). Konsorsium ini merupakan jaringan operator bandara yang melayani penumpang terbanyak di dunia.

Erick menjelaskan, kerja sama ini juga bertujuan menekan tingginya biaya logistik Indonesia yang saat ini mencapai 23 persen dari produk domestik bruto (PDB). Ini lebih tinggi dari rata-rata dunia, yang sebesar 13 persen.

"Bagaimana kita bisa berkompetisi kalau harga logistik mahal? Pak Budi (menhub Budi Karya Sumadi) dan saya serius memperbaiki rantai pasok," kata Erick di kawasan Sarinah, Jakarta Kamis (7/7/2022).

"Kerja sama yang kita tekankan bagaimana Sumatera Utara penting, kita dorong sebagai pusat pertumbuhan baru ekonomi Indonesia agar memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditargetkan 5 persen per tahun akan terus tumbuh sampai 2045 sehingga kita jadi negara ekonomi terbesar keempat dunia," imbuhnya. 

Erick menuturkan, peningkatan kualitas Bandara Kualanamu juga mendukung penguatan ekosistem pariwisata yang saat ini telah kembali tumbuh positif, sejalan dengan Indonesia yang berhasil mengatasi pandemi Covid-19. Dia pun berpesan pengelolaan Bandara Kualanamu tetap menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Erick ingin Bandara Kualanamu mengikuti jejak Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai yang mengaktifkan kembali parade budaya sebagai panggung tetap untuk seni, budaya, dan UMKM Indonesia.

"Korea saja bisa, maka Indonesia juga harus bisa. Saya kembali berpesan kepada jajaran BUMN sektor pariwisata yang hadir, terus lanjutkan program transformasi kita dalam mengembangkan dan memperkuat ekosistem pariwisata Indonesia. Lakukan bisnis secara profesional dan bangun kemitraan strategis dengan mitra-mitra yang profesional," tutur Erick.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda