Jadi Raja Tertua Inggris, Berapa Kekayaan Charles III?

Dinar Fitra Maghiszha ยท Senin, 12 September 2022 - 07:33:00 WIB
Jadi Raja Tertua Inggris, Berapa Kekayaan Charles III?
Jadi raja Inggris tertua, berapa kekayaan Charles III?

LONDON, iNews.id - Anak pertama mendiang Ratu Elizabeth II resmi diangkat menjadi raja oleh Dewan Aksesi pada Sabtu (10/9/2022) di Istana St James, London, Inggris. Dia menjadi raja tertua Inggris setelah naik takhta menggantikan mendiang ibunya yang meninggal pada Kamis (9/9/2022) waktu setempat. 

Raja Charles III yang berusia 73 tahun itu mewariskan lebih dari sakadar mahkota dari mendiang ibunya. Charles juga mewarisi portofolio aset yang sangat besar mulai dari real estate hingga perhiasan, namun ada batasan tentang bagaimana kekayaan tersebut akan dikelola dan disimpan oleh raja. 

Mengutip Times Now News, mendiang Elizabeth II merupakan salah satu orang terkaya di Inggris. Dia memiliki real estate utama di pusat London, sepeti Istana Buckingham hingga sejumlah lahan pertanian di Skotlandia. 

Brand Finance pada 2017 lalu memperkirakan Kekayaan monarki Inggris mencapai 78 miliar dolar AS atau setara Rp1.156,8 triliun. Kepemilikan terbesar Ratu dikelola oleh Crown Estate yang dimiliki oleh raja berkuasa, siapu pun yang memegang takhta, dan sekarang akan diteruskan ke Raja Charles III. 

Portofolio properti Crown Estate, yang terdiri dari petak besar di pusat kota London, seperti Regent Street dan St James, serta taman ritel dan pedesaan di luar London bernilai 15,6 miliar dolar AS, menurut Financial Times. Portofolio ini juga meliputi dasar laut hingga 12 mil dari pantai Inggris. 

Pendapatan dari tanah-tanah ini diarahkan ke Perbendaharaan, yang memberikan pembayaran tahunan tetap kepada raja dalam hibah berdaulat. Pada 2016, hibah meningkat dari 15 persen menjadi 25 persen, yang pada saat itu mencapai 396 juta poundsteriling.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda