Jamin Hewan Kurban Bebas PMK, Begini Upaya yang Dilakukan Kementan

Iqbal Dwi Purnama ยท Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:39:00 WIB
Jamin Hewan Kurban Bebas PMK, Begini Upaya yang Dilakukan Kementan
Kementan menjamin ketersediaan pasokan hewan kurban untuk kebutuhan Iduladha di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). (FOTO: iNews/ERVAN DAVID)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin ketersediaan pasokan hewan kurban untuk kebutuhan Iduladha di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Kementan memastikan hewan untuk kurban akan tercukupi dan bebas dari penyakit tersebut.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementan, Nasrullah mengatakan, pihaknya menyiapkan langkah-langkah untuk menjamin hewan kurban bebas virus PMK.

"Telah dilakukan oleh Kementerian Pertanian untuk kesiapan menghadapi Iduladha Tahun 2022 sekaligus dalam upaya pengendalian penyakit PMK antara lain, hewan berasal dari wilayah hijau (bebas PMK) dan bukan berasal dari daerah kab./kota yang masuk dalam zona merah (terkonfirmasi PMK hasil Laboratorium)," ujar Nasrullah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/6/2022).

Dia menambahkan, Kementan juga melakukan rekayasa jalur laut dan pintu masuk hewan kurban ke Pulau Jawa dan rekayasa jalur darat di pulau Jawa. Kemudian, pendataan dan sosialiasi PMK kepada pedagang hewan kurban, dan menyediakan Posko pemeriksaan kesehatan hewan di sentra-sentra penjualan hewan kurban akan dilakukan oleh seluruh dinas kabupaten/kota.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda