Daftar Negara Penghasil Emas Terbesar, Indonesia Urutan Berapa?

Aditya Pratama ยท Sabtu, 11 Juni 2022 - 14:22:00 WIB
Daftar Negara Penghasil Emas Terbesar, Indonesia Urutan Berapa?
Terdapat 10 besar negara penghasil emas terbesar di dunia, dipimpin 3 negara besar seperti China, Rusia, dan Australia. Indonesia juga termasuk ke daftar ini.(foto: Freepik/Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Daftar negara penghasil emas terbesar akan diulas dalam artikel ini. Emas merupakan salah satu logam berharga di dunia dan harganya terus bertambah.

Masyarakat di dunia seringkali menjadikan emas sebagai investasi. Karena emas merupakan mineral langka di dunia, sehingga tidak semua negara memiliki sumber daya alam emas.

Menurut data Forbes per Juni 2021, China menjadi negara penghasil emas terbesar, diikuti Rusia dan Australia. Indonesia masuk daftar 10 besar negara yang penghasil emas terbesar di dunia.

Berikut 10 daftar negara penghasil emas terbesar di dunia:

1. China

China menempati urutan pertama negara penghasil emas terbesar sebanyak 368,3 ton. Meski mengalami penurunan, posisi negara ini masih berada di paling atas.

China juga berada di negara terbesar penghasil emas selama empat tahun berturut-turut, di mana negeri tirai bambu menyumbang sekitar 11 persen total produksi global.

2. Rusia

Urutan kedua ditempati Rusia dengan menghasilkan emas sebanyak 331,1 ton. Rusia menjadi negara Eropa terbesar dalam menghasilkan komoditas tersebut dan terus meningkat sejak 2010.

Pembeli emas terbesar di Rusia adalah pemerintah yang membeli sekitar dua pertiga dari seluruh emas yang dihasilkan di dalam negeri.

3. Australia

Australia menempati urutan ketiga negara penghasil emas sebanyak 327,8 ton. Negara ini sebelumnya menempati urutan kedua, namun dilewati Rusia pada 2019 lalu.

Meski begitu, produksi emas di Australia mengalami kenaikan selama delapan tahun berturut-turut. Hal ini didorong beberapa tambang yang menambah proyek, seperti di Mount Morgans dan Cadia Valley.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat menempati urutan keempat negara penghasil emas terbesar sebanyak 190,2 ton. Nevada merupakan daerah penyumbang emas di negara paman sam atau sekitar 80 persen dari total produksi.

Namun, Amerika Serikat mengalami penurunan penghasilan emas dibanding beberapa tahun sebelumnya hingga mencapai hampir 200 ton.

5. Kanada

Urutan selanjutnya ditempati Kanada dengan penghasil emas sebanyak 170,6 ton. Canadian Malartic merupakan tambang emas terbesar di sana yang dimiliki oleh Yamana Gold dan Agnico Eagle.

Meski begitu, negara tersebut mengalami penurunan produksi sebanyak 12 persen pada 2020 dibanding tahun sebelumnya.

6. Ghana

Ghana menjadi negara penghasil emas terbesar di Afrika dengan produksi sebanyak 138,7 ton. Secara peringkat dunia, negara ini menempati urutan keenam.

Tak hanya emas, Ghana diketahui memiliki daerah yang kaya akan cadangan berbagai mineral industri.

7. Brasil

Brasil menempati urutan ketujuh dengan menghasilkan emas sebanyak 107 ton. Negara ini naik dari sebelumnya di urutan ke-10 pada 2019. 

Brasil mampu meningkatkan output emas dalam tiga tahun berturut-turut.

8. Uzbekistan

Urutan selanjutnya ditempati Uzbekistan dengan menghasilkan emas sebanyak 101,6 ton. Torehan produksi emas negara di Asia Tengah ini merupakan kali pertama dengan angka melebihi 100 ton dalam kurun waktu satu tahun.

9. Meksiko

Meksiko menempati urutan ke-9 dengan menghasilkan emas sebanyak 101,6 ton. Namun, angka ini merupakan penurunan produksi komoditas tersebut dalam lima tahun terakhir. 

Meski begitu, Meksiko dikenal sebagai tempat menarik untuk pertambangan karena biaya regulasi yang relatif rendah.

10. Indonesia

Indonesia merupakan negara penghasil emas terbesar ke-10 di dunia dengan produksi sebanyak 100,9 ton.

Indonesia dikenal sebagai rumah untuk tambang emas terbesar kedua di dunia, Grasberg yang dioperasikan PT Freeport Indonesia. Selain itu, Indonesia diketahui bertanggung jawab untuk menambang sekitar 3 persen emas untuk pasokan global.

Itu tadi ulasan mengenai daftar negara penghasil emas terbesar. Semoga ulasan ini menambah pengetahuan dan bermanfaat.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda