Jasa Marga Mulai Kontruksi Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1, Ditarget Kelar Kuartal I 2024

Iqbal Dwi Purnama ยท Selasa, 13 September 2022 - 07:32:00 WIB
Jasa Marga Mulai Kontruksi Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1, Ditarget Kelar Kuartal I 2024
Jasa Marga mulai kontruksi tol Yogyakarta-Bawen seksi 1, ditarget kelar kuartal I 2024. Foto: jasa Marga

JAKARTA, iNews.id - Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yakni PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) telah memulai konstruksi pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen seksi 1 Yogyakarta-SS Banyurejo. Ditargetkan akan selesai pada awal 2024. 

Adapun progresnya sejak mulai awal bulan ini baru 2,3 persen. Sementara progres pembebasan lahannya mencapai 81 persen hingga minggu pertama September 2022. 

JJB tengah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Lahan untuk mengejar pembebasan lahan di sekitar Jawa Tengah.

“Saat ini kami juga sudah mengantongi penetapan lokasi (penlok) yang di Jawa Tengah. Kami siap mendukung dan berkolaborasi dengan tim BPN dan PPK Pengadaan Lahan Provinsi Jawa Tengah Kementerian PUPR untuk mengupayakan dengan proses pembebasan lahan berjalan sesuai dengan target,” kata Direktur Utama PT JJB A.J. Dwi Winarsa dalam keterangannya, Selasa (13/9/2022).

Sesuai target dan prioritas pembangunan di proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, proses konstruksi yang saat ini berlangsung di Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo ditargetkan selesai pada kuartal I 2024. Sementara target beroperasi pada kuartal III tahun yang sama, yang akan menghubungkan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport di Junction Sleman. 

Menurutnya, jika pembebasan lahan sesuai dengan target yang telah ditetapkan, maka prioritas konstruksi selanjutnya adalah Seksi 6 Ambarawa-Bawen yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Solo.

Progres konstruksi selanjutnya akan dilanjutkan pada tiga seksi lainnya secara bersamaan yaitu Seksi 2 Banyurejo-Borobudur, Seksi 3 SS Borobudur-SS Magelang dan Seksi 4 Magelang-Temanggung. Seksi 2 sampai Seksi 4 akan terhubung dengan Seksi yang telah beroperasi terlebih dahulu.

"Seksi 5 Temanggung-Ambarawa menjadi akan menjadi seksi terakhir yang menjadi prioritas konstruksi dan akan melengkapi pengoperasian Jalan Tol Yogyakarta-Bawen secara penuh," ujarnya. 

Hal itu menyesuaikan rencana alokasi dana pembebasan lahan dari pemerintah. Selain itu, menimbang kondisi medan yang berupa perbukitan sehingga harus dilakukan pembangunan tunnel atau terowongan sepanjang 500 meter di Seksi 5.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda