Jokowi Happy Pekerja Tambang Bawah Tanah Freeport Indonesia 99 Persen WNI

Raka Dwi Novianto · Kamis, 01 September 2022 - 12:15:00 WIB
Jokowi Happy Pekerja Tambang Bawah Tanah Freeport Indonesia 99 Persen WNI
Presiden Jokowi happy pekerja tambang bawah tanah Freeport Indonesia 99 persen WNI. (Dok. Setkab)

MIMIKA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) senang mengetahui 99 persen karyawan yang bekerja di tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia (PTFI) merupakan warga negara Indonesia (WNI). Tambang PTFI berlokasi di Grasberg, Mimika, Papua.

"Saya sangat gembira mendengar bahwa tambang bawah tanah yang sangat sulit medannya dan dikendalikan, dari jarak jauh tadi saya sudah melihat secara langsung yang saya senang 99 persen dari total karyawan yang tadi mengendalikan, mengoperasionalkan itu asli Indonesia, khususnya dari tanah Papua," kata Jokowi usai mengunjungi tambang Grasberg milik PTFI di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Kamis (1/9/2022), yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan, yaitu 5G Mining. Teknologi 5G Mining merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PT Freeport Indonesia (PTFI). 

"Saya yakin teknologi ini akan membuat PT Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global dan menghasilkan semakin banyak SDM-SDM di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia dan berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan Indonesia," ujar Jokowi.

Dia pun meminta semua pihak agar tidak tertinggal dan harus mampu bersaing di segala sektor yang semakin terdigitalisasi saat ini. Salah satunya, sektor pertambangan yang harus mampu mengimplementasikan teknologi terbaru.

Karena itu, Jokowi senang karena bisa membuktikan bahwa Indonesia bisa lebih maju pada sektor pertambangan karena akan menggunakan teknologi 5G Mining.

"Hari ini kita buktikan bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara oleh PT Freeport Indonesia yang didukung PT Telkomsel dalam rangka untuk mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh serta meningkatkan keselamatan kerja dan untuk produktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia," tutur Jokowi. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda