Jokowi Minta Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jalan Terus di Tengah Covid-19

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 14:10:00 WIB
Jokowi Minta Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jalan Terus di Tengah Covid-19
Miniatur kereta cepat Jakarta-Bandung. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar proyek-proyek prioritas tetap dilanjutkan selama pandemi Covid-19. Salah satunya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, proyek kereta cepat dinilai Presiden memiliki kontribusi besar bagi ekonomi nasional.

"Terkait program kereta api cepat Jakarta-Bandung, arahan presiden kereta cepat ini dilanjutkan. Artinya perencanaannya dari Jakarta-Bandung, Bandung-Surabaya," katanya usai rapat terbatas virtual, Jumat (29/5/2020).

Airlangga mengatakan, arahan Presiden akan ditindaklanjuti oleh Menteri Badan Uaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Selain itu, lanjut Airlangga, Presiden meminta proyek strategis nasional (PNS) cepat diselesaikan. PSN tersebut yaitu 7 proyek senilai Rp117 triliun di Sumatera, 25 proyek Rp462 triliun di Jawa, 17 proyek Rp144 triliun di Kalimantan.

Selanjutnya, 8 proyek senilai Rp 208 triliun di Sulawesi, 12 proyek Rp28 triliun di Bali dan Nusa Tenggara, serta 11 proyek Rp111 triliun di Papua dan Maluku.

"Multiplier effect dari setiap 1 triliun project itu bisa mempekerjakan 14.000 tenaga kerja, baik direct maupun indirect, jadi ini adalah project yang sifatnya adalah project dan pembangunan bagi masyarakat, sehingga Pak Presiden minta dipercepat," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah