Jokowi Pastikan Pelabuhan Kijing Pacu Hilirisasi Industri di Kalimantan Barat

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 16:20:00 WIB
Jokowi Pastikan Pelabuhan Kijing Pacu Hilirisasi Industri di Kalimantan Barat
Proyek Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis Pelabuhan Kijing akan memacu hilirisasi industri di wilayah Kalimantan Barat. Pelabuhan tersebut diresmikan Presiden Jokowi pada Selasa (9/8/2022). 

Menurut Jokowi, kehadiran Pelabuhan Kijing dapat meningkatkan daya saing produk unggulan yang dihasilkan di Kalimantan Barat seperti Crude Palm Oil (CPO), alumina, bauksit, dan komoditas lainnya. Hal ini, akan mendorong hilirisasi  melalui pembangunan pusat industri untuk komoditas yang merupakan hasil Sumber Daya Alam (SDA) Kalimantan Barat. 

Presiden menjelaskan, hilirisasi industri akan memberikan nilai tambah atau pendapatan bagi pemerintah pusat dan daerah setempat. Lantaran akan adanya pajak untuk perusahaan, pajak karyawan, pajak badan, bea keluar, PNBP, dan pembukaan lapangan pekerjaan baru. 

"Kemudian yang paling penting untuk hilirisasi industrialisasi adalah pembukaan lapangan kerja sebanyak-banyaknya," ungkap Jokowi usai melakukan peresmian Pelabuhan Kijing, Selasa (9/8/2022). 

Ihwal sektor apa saja yang digodok, Presiden menegaskan pemerintah pusat melalui PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo akan menyediakan 3 hektar lahan yang dapat digunakan untuk industrialisasi, termasuk kawasan tangki minyak. 

Secara geografis, kawasan industri ini berada di Mempawah dan berdekatan dengan Pelabuhan Kijing.

"Lahan ini nanti akan dibangun lagi untuk tangki-tangki minyak, akan dibangun lagi, diberikan kesempatan untuk industri, berdekatan dengan pelabuhan sehingga transport dari pelabuhan ke industri sangat efisien," kata Jokowi. 

Upaya tersebut dinilai menarik bagi investor asing yang ingin mengembangkan bisnis atau berinvestasi di Mempawah. Presiden Jokowi mengatakan pengusaha selalu melihat tingkat efisiensi sebelum memutuskan berinvestasi. 

"Yang jelas fasilitas ini akan memperkuat daya saing, produksi dari produk-produk di Kalimantan Barat," ungkap Jokowi.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda