Jual Saham Perusahaan, Tiga Miliarder AS Ini Tetap Kaya

Jeanny Aipassa ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 07:52:00 WIB
Jual Saham Perusahaan, Tiga Miliarder AS Ini Tetap Kaya
Tiga miliarder AS yang banyak melakukan penjualan saham sepanjang 2021.

NEW YORK, iNews.id - Sejumlah miliarder Amerika Serikat (AS) tercatat melakukan penjualan saham di perusahaan mereka sepanjang tahun ini. Meski demikian, mereka tetap kaya dan memegang kendali atas perusahaan. 

Bloomberg melaporkan ada tiga miliarder AS yang telah melepas saham mereka sejak Januari 2021 hingga Mei 2021, dan menambah pundi-pundi kekayaan mereka. 

Pertama, Jeff Bezos, yang telah menjual saham Amazon.com Inc senilai 6,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp95,534 triliun. Dari laporan Komisi Sekuritas dan Bursa AS, disebutkan kalau transaksi tersebut merupakan bagian dari rencana Jeff Bezos untuk melepas saham miliknya di Amazon. 

Pasalnya, Jeff Bezos berencana mundur sebagai CEO Amazon sebelum akhir 2021. Meski menjual sahamnya di Amazon, Jeff Bezos tetap menjadi orang terkaya nomor satu di dunia. 

Kedua, keluarga Walton, pemilik Walmart Inc, jaringan department store terbesar di AS. Keluarga Walton telah menjual 16,7 juta saham Walmart Inc sejak awal tahun ini, karena ingin menjaga agar saham mereka tidak menggelembung di tengah aksi pembelian kembali (buyback) saham perusahaan ritel itu.

Dari laporan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS, keluarga Walton melalui Walton Family Holdings Trust pada pekan lalu telah menjual saham Walmart Inc yang menghasilkan 430 juta dolar AS atau sekitar Rp6,129 triliun.

Penjualan itu menjadikan total penjualan saham mereka di Walmart Inc sejak Januari 2021 telah menghasilkan hampir 2,1 miliar dolar AS atau Rp29,934 triliun, sejak Januari 2021.

Bloomberg melaporkan, anggota keluarga Walton telah menjual 16,7 juta saham Walmart Inc sejak awal tahun ini, karena ingin menjaga agar saham mereka tidak menggelembung di tengah aksi pembelian kembali (buyback) saham perusahaan ritel itu. 

Meski menjual saham di Walmart, keluarga Walton tetap memiliki lebih dari 50 persen saham diu perusahaan ritel itu dan tercatat sebagai dinasti miliarder terkaya di dunia.

Ketiga, Leslie Wexner, pemilik L Brands Inc, yang telah menjual saham perusahaan Victoria Secretsenilai 525 juta dolar AS atau sekitar Rp7,128 triliun. 

Sebagai bagian dari kesepakatan, pendiri L Brands Leslie Wexner turun dari posisinya sebagai CEO dan Chairman, namun tetap menjadi ketua emeritus dewan L Brands. 

Leslie Wexner mengatakan pemisahan Victoria's Secret menjadi perusahaan tersendiri akan memberi jalan terbaik untuk memulihkan bisnis ini ke tingkat profitabilitas dan pertumbuhan historis mereka.

Editor : Jeanny Aipassa